4 Strategi Human Resource Perusahaan Dalam Menghadapi New Normal


4 Strategi Human Resource Perusahaan Dalam Menghadapi New Normal

Penerapan kebijakan new normal atau normal baru yang sudah berjalan selama kurang lebih satu bulan, memperbolehkan masyarakat untuk beraktivitas kembali seperti biasa dengan mengikuti protokol kesehatan. Salah satu aktivitas yang kembali dilakukan yaitu aktivitas kerja. Tentunya aktivitas kerja yang kembali dilakukan, bertujuan untuk menggerakkan perekonomian yang terganggu akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, perusahaan atau lingkungan kerja akan diminta untuk menerapkan protokol kesehatan selama aktivitas kerja kembali dilakukan di era new normal.  Protokol kesehatan yang dilakukan oleh perusahaan seperti mencuci tangan, menggunakan masker,  dan menjaga jarak. Hal ini, bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kerja.

Selain menerapkan protokol kesehatan, apa yang harus dilakukan Human Resource menghadapi new normal untuk menjaga produktivitas karyawan?

4 strategi di bawah ini dapat dengan mudah diterapkan oleh Human Resource perusahaan dalam menghadapi new normal:

  1. Menjamin Kesehatan Karyawan. Human Resource harus memastikan kesehatan karyawan yang kembali bekerja. Hal ini bertujuan untuk mencegah penurunan sistem imun tubuh atau mencegah penularan Covid-19. Perusahaan dapat memastikan kesehatan karyawan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh.

    Akan tetapi, bagaimana Human Resource perusahaan memastikan hasil pengukuran suhu karyawan akurat dan benar? App FiO menyediakan fitur Suhu Tubuh Karyawan yang digunakan untuk melaporkan hasil pengukuran suhu tubuh di ponsel. Karyawan hanya cukup melakukan Scan GPS dengan foto selfie saat dilakukan pengukuran suhu dan foto layar thermogun untuk menunjukkan hasil pemeriksaan.
     
  2. Bergantian Saat Masuk Kantor. Dengan membatasi jumlah karyawan yang berada di kantor, jarak antar satu karyawan dengan karyawan lainnya akan tetap terjaga. Tentunya pengaturan jadwal kerja karyawan yang berbeda dibandingkan jadwal semula dapat membingungkan Human Resource.

    Oleh karena itu, perusahaan dapat mengatur jadwal kerja setiap karyawan dengan mudah di web Fingerspot.iO. Tersedia tipe jadwal fleksibel yang memudahkan perusahaan mengatur jadwal kerja karyawan yang datang dan pulang kapan pun. Sehingga manajemen perusahaan tetap bisa memastikan jumlah karyawan yang berada di tempat kerja.
     
  3. Memastikan Tempat Kerja Tetap Higienis. Lingkungan tempat kerja yang higienis tentu saja mencegah terjadinya penularan Covid-19. Human Resource perusahaan bisa menganjurkan karyawan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh barang yang ada di lingkungan kerja. Selain itu, bisa juga dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap area lingkungan kerja karyawan.

    Selain itu, perusahaan bisa memastikan agar karyawan selalu mencuci tangan dengan agar karyawan selalu mencuci tangan dengan Fingerspot.iO. Mengapa? Karena tersedia fitur reminder otomatis dari sistem Fingerspot.iO untuk mengingatkan karyawan melakukan cuci tangan. Sehingga penggunaan Fingerspot.iO mendukung untuk era New Normal di lingkungan kerja.
     
  4. Penggunaan Absensi Online. Selain mengikuti protokol kesehatan atau memastikan tempat kerja tetap higienis, penggunaan absensi online bisa menjadi strategi yang tepat bagi Human Resource menghadapi new normal. Hal ini dikarenakan, karyawan bisa tetap melakukan absensi tanpa melakukan kontak fisik. Dengan menggunakan absensi online, perusahaan bisa dengan mudah memantau presensi karyawan dan mendapatkan berbagai manfaat yang memudahkan manajemen perusahaan.

    Manajemen perusahaan bisa memanfaatkan fitur yang ada di Fingerspot.iO yaitu fitur remote web registration. Perusahaan bisa mendaftarkan karyawan baru atau karyawan yang belum terdaftar di mesin absensi dengan mudah tanpa masuk ke mesin absensi untuk meminimalisir terjadinya kontak fisik. Sehingga, karyawan bisa melakukan absensi melalui absensi online atau mesin absensi.

Dengan mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 4 strategi tersebut Human Resource perusahaan, tentu siap menghadapi new normal dan tetap menjaga produktivitas karyawan.

Fingerspot, 29 Jun 2020 | Posted in TAG 1, TAG 2