Pantau Kinerja Karyawan Tetap Optimal Di Masa New Normal


Pantau Kinerja Karyawan Tetap Optimal Di Masa New Normal

Pandemi virus Corona belum juga pergi, namun kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi. Terus bekerja adalah satu–satunya cara untuk dapat memperoleh penghasilan demi terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari, namun kondisi kerja sebelum dan saat mewabahnya penyakit Covid-19 tentunya berbeda. New Normal seolah menjadi angin segar sekaligus tantangan bagi setiap orang untuk kembali beraktivitas termasuk bekerja di tengah mewabahnya virus Corona. Ada beberapa perusahaan yang masih mewajibkan karyawannya untuk bekerja dari rumah, namun cukup banyak juga perusahaan yang telah membuka kembali kantor atau tempat usahanya sehingga karyawan bisa bekerja dengan mematuhi protokol kesehatan tentunya.

Baik bekerja dari rumah maupun bekerja di kantor, sebelum dan saat pandemi, pada dasarnya memiliki satu masalah klasik yang sama, yaitu produktivitas karyawan. Oleh karenanya, adalah hal yang mutlak bagi setiap atasan untuk memantau kinerja setiap karyawan agar produktivitas kerja tetap terjaga, bahkan kian meningkat, di mana pun tempat kerjanya, apapun kondisinya.

Setiap atasan pasti memahami betul akan pentingnya pemantauan kerja pada setiap karyawan demi hasil kerja yang maksimal. Namun sayangnya tak semua mengerti bagaimana cara paling efektif untuk mengoptimalkan setiap sumber daya manusia yang merupakan salah satu aset berharga pada setiap perusahaan ini.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk memantau kinerja karyawan adalah dengan menghitung jumlah produk yang dihasilkan pada waktu tertentu yang telah distandarkan oleh perusahaan. Namun pada kenyataannya tak semudah itu juga, karena ini hanya bisa diterapkan pada jenis pekerjaan yang hasil output­-nya adalah produk nyata yang dapat dengan mudah dihitung. Lalu bagaimana dengan hasil kerja yang tidak dapat dihitung? Bagaimana juga dengan karyawan yang harus bekerja di lokasi kerja yang berbeda? Jika memantau kinerja karyawan di dalam satu kantor saja sulit, lalu mungkinkah dapat memantau kinerja karyawan yang berbeda lokasi seperti pekerja lapangan atau yang masih harus bekerja dari rumah?

Semua pertanyaan ini kini terjawab dengan fitur Pantau Kinerja Fingerspot.iO

Fingerspot.iO yang memang dari awal mengusung teknologi masa kini untuk memberikan banyak manfaat baik bagi pemilik usaha, atasan, serta karyawan terus berinovasi dalam memenuhi tantangan dunia kerja. Salah satunya adalah dengan menghadirkan fitur Pantau Kinerja dengan langkah penggunaan yang sederhana, praktis dan efektif, antara lain:

  1. Karyawan akan menerima notifikasi berisikan permintaan untuk melaporkan tugas apa yang sedang dikerjakan di hari dan jam tertentu yang telah ditetapkan.
  2. Setelah menerima notifikasi tersebut karyawan bisa segera melakukan scan GPS tipe Pantau Kinerja di App FiO dengan cara: memfoto diri atau selfie serta hasil pekerjaan yang dilakukan; meyertakan file pelengkap dari tugas yang dikerjakan misalnya dalam bentuk gambar, PDF, Word, Excel dan sebagainya; mengisi catatan dengan informasi yang dibutuhkan.
  3. Pada saat itu juga, atasan akan menerima laporan kerja karyawan di ponselnya, serta dapat memberikan persetujuan dengan memilih like atau tidak menyetujui laporan kerja yang telah dikirim oleh karyawan tersebut dengan memberikan dislike.
  4. Beberapa informasi yang terdapat pada laporan Pantau Kinerja karyawan antara lain: jumlah pelaporan yang dilakukan, rata-rata waktu respon, jumlah like atau dislike, serta laporan yang tidak diperiksa oleh atasan.

Selain langkah penggunaan yang mudah dan praktis, fitur Pantau Kinerja yang terdapat pada Fingerspot.iO ini juga memiliki manfaat holistik, yakni bagi pemilik usaha, atasan, serta kayawan, seperti:

  1. Karyawan lebih mudah melaporkan pekerjaannya, segera mengetahui apakah tugas yang dikerjakan sudah sesuai sehingga bisa segera melakukan perbaikan jika ternyata didapati kesalahan pada tugas yang tengah dikerjakan, mendapatkan respon yang cepat dari atasan, serta menilai diri sendiri secara logis apakah waktu kerja yang digunakan sudah optimal. Karyawan pun bisa memiliki hingga 5 atasan.
  2. Atasan dapat menerima laporan pekerjaan dari karyawan secara realtime, memberikan penilaian obyektif pada hasil kerja karyawan, serta dapat dengan mudah dalam mengetahui apakah semua laporan pekerjaan karyawan sudah ia periksa sehingga terhindar dari kemungkinan lupa memerikasa laporan kerja karyawan dimana hal ini seringkali menjadi penghambat kecepatan dan ketepatan sebuah pekerjaan.
  3. Pemilik usaha dapat lebih leluasa memantau kinerja seluruh karyawannya di lintas divisi maupun posisi sehingga dapat membantu untuk menentukan apakah dibutuhkan langkah perbaikan internal terkait kinerja karyawan demi kemajuan perusahaan.

Mudah digunakan dan memiliki banyak manfaat, itulah yang akan Anda rasakan ketika menggunakan fitur Pantau Kinerja Fingerspot.iO

Masih membayangkan penggunaan dan manfaat fitur ini? Di saat Anda masih membayangkan, yang lain sudah membuktikan.

Yuk, segera coba!

Anda dapat memanfaatkan Promo SuperDeal untuk menikmati GRATIS voucher 1 juta yang bisa digunakan untuk 10 staf kerja dari rumah menggunakan App FiO + 1 pemilik menggunakan App FiO + 2 mesin absensi wajah/sidik jari untuk staf yang kerja di kantor selama 1 tahun. Masih ditambah lagi dengan DISKON 50% serta GRATIS Mesin Absesi WiFi. Promo ini khusus untuk pengguna baru. Dan pastinya selalu ada tim customer service online Fingerspot yang akan memberikan informasi dan membantu apapun kebutuhan Anda terkait produk-produk Fingerspot seperti fitur Pantau Kinerja Fingerspot.iO ini.

Fingerspot, 01 Jul 2020 | Posted in TAG 1, TAG 2