Pahami Dulu Sistem Absensi Mobile Agar Manfaatnya Lebih Maksimal


Pahami Dulu Sistem Absensi Mobile Agar Manfaatnya Lebih Maksimal

Sedang mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi absensi mobile? Memang di zaman sekarang penggunaan absensi mobile layak untuk dipertimbangkan. Tak sekedar berguna untuk mencatat data kehadiran karyawan secara lebih akurat, mudah dan cepat saja. Nyatanya, sistem absensi mobile bisa memberikan segudang manfaat lain yang tidak kalah penting bagi kelancaran pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di sebuah perusahaan.

 

Apa itu Absensi Mobile?

Absensi mobile merupakan sistem pencatatan kehadiran karyawan dengan menggunakan teknologi yang bisa diolah secara online.

Sesuai dengan namanya, absensi mobile memiliki keunggulan fleksibilitas yang tinggi, sehingga karyawan bisa melakukan pencatatan data kehadiran kerjanya di mana saja cukup dengan menggunakan ponselnya. Selanjutnya pihak manajemen perusahaan dapat menyimpan seluruh data tesebut sebagai database karyawan, serta mengolahnya lebih lanjut untuk berbagai keperluan, seperti sebagai dasar penggajian, pemberian hak cuti, promosi jabatan dan sebagainya.

 

Mengapa Absensi Mobile Sangat Penting?

Bagi dunia kerja masa kini, penggunaan absensi mobile sangatlah penting karena absensi mobile memiliki sistem yang mampu meningkatkan keakuratan data absensi. Tak seperti pada sistem pencatatan kehadiran generasi sebelumnya yang masih konvensional dan rawan tindak kecurangan karyawan dan rawan terjadi kesalahan pengolahan datanya oleh pihak HRD.  Maka sistem absensi mobile ini jauh lebih akurat dan minim kesalahan.

Selain itu, dunia kerja juga mengalami perubahan sesuai perkembangan zaman yang lebih maju, lebih modern, lebih canggih dan borderless. Kini karyawan tak harus bekerja di kantor, konsumen yang ingin menikmati sajian lezat dan cepat tak harus datang ke rumah makan, mau perawatan kesehatan tak harus pergi ke klinik, ingin treatment kecantikan tak harus berkunjung ke salon, bahkan untuk mejalani kursus atau pelatihan tertentu pun kini semua bisa dilakukan dari rumah, sehingga karyawan yang bekerja dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi.

Tak jarang pula perusahaan yang justru menemukan talenta-talenta dari para karyawan yang kondisinya hanya memungkinkan untuk bekerja dari jarak jauh. Ya, saat ini ada banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan meski berbeda kota bahkan luar negeri. Perbedaan waktu dan tempat kini tak lagi menjadi halangan untuk dapat berkolaborasi dalam sebuah pekerjaan berkat dukungan teknologi.

Bisa bekerja dari mana saja secara pofesional dan tetap termonitor dengan baik, semua itu sangat mungkin jika menggunakan absensi mobile.

Terlebih lagi, masih dalam situasi pandemi seperti saat ini yang memang mengharuskan banyak perusahaan untuk mempekerjakan karyawannya secara full WFH atau 100% bekerja dari rumah maupun hybrid dengan pembagian beberapa hari bekerja dari rumah dan beberapa hari lainnya bekerja di kantor. Maka jelas, keberadaan absensi mobile akan sangat dibutuhkan untuk kelancaran berbagai model kerja ini. Ditunjang dengan kelebihan sistem absensi mobile yang lebih higienis karena masing-masing karyawan bisa melakukan scan absensi di ponselnya, maka sangat ideal untuk mendukung protokol kesehatan untuk menekan penyebaran kasus Covid-19.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Absensi Mobile?

Cara menggunakan absensi mobile sangatlah mudah, baik bagi manajemen perusahaan maupun bagi karyawan. untuk keperluan akses dan olah data karyawan, manajemen perusahaan bisa langsung menggunakan web Fingerspot.iO yang di-install pada PC. Sedangkan bagi karyawan, cukup mengunduh App FiO secara gratis di Google Play Store bagi pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, dan bisa pula mengunduh di App Store bagi karyawan yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi iOS.

Aplikasi absensi mobile Fingerspot.iO memiliki tampilan dan keseluruhan menu yang user friendly, sehingga siapapun bisa dengan mudah menggunakannya, bahkan bagi karyawan yang tidak terbiasa dengan penggunaan aplikasi sekalipun.

Jika menemukan kendala atau membutuhkan panduan langsung terkait teknis penggunaan aplikasi absensi mobile maka bisa juga dengan cara mengajukan demo atau konsultasi dengan tim customer support. Hal ini juga bermanfaat untuk dapat memaksimalkan seluruh fitur utama dan fitur penunjang yang ada untuk kelancaran pengelolaan SDM di sebuah perusahaan.

 

Apakah Absensi Mobile Cocok untuk Segala Usaha?

Selain memiliki fitur dasar untuk pencatatan kehadiran karyawan yang lebih valid, aplikasi absensi mobile profesional seperti Fingerspot.iO juga memiliki fitur-fitur melimpah untuk menujang keseluruhan manajemen karyawan di perusahaan, sehingga absensi mobile ini cocok digunakan oleh segala jenis dan skala usaha, seperti: perkantoran, perusahaan jasa, perusahaan manufaktur, home industry, bisnis online, mulai dari perusahaan rintisan hingga yang berskala besar.

Adapun beberapa fitur unggulannya antara lain:

  1. Notifikasi secara langsung di web Fingerspot.iO jika terdapat update data karyawan.
  2. Terdapat fitur API SDK untuk pengembangan aplikasi sendiri sesuai kebutuhan.
  3. Pemantauan lokasi karyawan dalam bentuk Clustering Maps dengan informasi spot yang dikunjungi karyawan secara lengkap dan valid.
  4. Perhitungan dan transaksi penggajian karyawan yang praktis, minim kesalahan dan lebih lancar.
  5. Perhitungan BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan yang mudah.
  6. Karyawan bisa melakukan pencatatan kehadirannya dengan cara scan foto diri dan GPS (anti-fake) serta sidik jari dari ponselnya dengan data yang akurat.
  7. Atasan, pemilik usaha, atau manajemen perusahaan dapat memantau kinerja karyawan kapan saja, dari mana saja dengan pelaporan kerja karyawan dalam berbagai format file yang bisa diakses secara langsung via ponsel.
  8. Terdapat notifikasi langsung terkait scan kehadiran karyawan dari mesin absensi maupun ponsel, pengajuan izin, tugas harian, persetujuan izin dan sebagainya.
  9. Pemantauan kehadiran dan lokasi kunjungan kerja karyawan dalam bentuk timeline dan peta.
  10. Karyawan dapat mengajukan izin beserta alasannya kapan saja dan di mana saja praktis via ponselnya, yang kemudian dapat direspon dengan pesetujuan melalui App FiO hingga 5 atasan.
  11. Manajemen perusahaan dapat mengatur jam dan jadwal kerja setiap karyawan sesuai jabatannya di perusahaan.
  12. Atasan bisa dengan mudah melihat serta melakukan approval setiap tugas dan pengajuan karyawan.
  13. Karyawan dapat menggunakan kupon makan elektronik yang praktis, paperless dan higienis di kantin perusahaan.
  14. Terdapat media digital berisi konten video atau file PDF edukasi bagi karyawan.
  15. Memungkinkan pengaturan hak akses ruangan di tempat kerja untuk membuka pintu pakai ponsel yang lebih modern dan higienis.
  16. Karyawan dapat men-download dan mencetak ID Card dari aplikasi lengkap dengan QR Code untuk memeriksa status kepegawaiannya.
  17. Perusahaan dapat mengirim pengumuman untuk semua karyawan atau ditujukan untuk karyawan tertetu saja secara profesional dan praktis di App FiO pada ponsel karyawan.
  18. Karyawan dapat mengakses slip gaji pada App FiO di ponselnya kapan pun di mana pun.
  19. Terintegrasi dengan App Fingerspot Mask Detection untuk mendukung protokol kesehatan di area kerja terkait himbauan pemerintah tentang pemakaian masker yang baik dan benar untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.
  20. Makin lengkap sistem keamanannya dengan hadirnya fitur Panic Button yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh karyawan yang bekerja kapan saja dan di mana saja dalam kondisi darurat.

Dengan sederet keunggulan yang dimiliki Fingerspot.iO maka sistem absensi mobile ini sangat cocok digunakan oleh seluruh karyawan, seperti karyawan yang bekerja di kantor (WFO), karyawan yang bekerja di rumah (WFH), karyawan lepas (freelancer), karyawan yang berpindah-pindah lokasi kerja (sales kanvasing, satpam, driver, kurir dan sebagainya).

 

Adakah Absensi Mobile yang Bagus dan Murah?

Ya, tentu saja ada. Fingerspot.iO dengan aplikasi ­mobile-nya App FiO adalah aplikasi absensi mobile yang bagus karena telah dibuktikan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Tidak butuh biaya besar untuk mendapatkan seluruh manfaat pengelolaan karyawan demi kelancaran operasional perusahaan, cukup dengan investasi sedikit biaya saja. Perusahaan dapat memilih layanan dan kuota yang disesuaikan dengan perusahaan.

Sangat hemat untuk investasi jangka panjang, karena karyawan adalah salah satu aset berharga yang dapat menentukan arah masa depan setiap usaha.

Fingerspot, 18 Jan 2022 | Posted in TAG 1, TAG 2