Mau Konsentrasi Sepanjang Hari? Pilih Makan Siang Terbaik untuk Otak


Mau Konsentrasi Sepanjang Hari? Pilih Makan Siang Terbaik untuk Otak

Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas, mudah berkonsentrasi, daya ingat yang bagus serta mampu berpikir fokus. Semua ini mungkin mudah didapatkan ketika beraktifitas di pagi hari, namun saat siang hari telah tiba, pada umumnya otak akan mengalami penurunan kualitas yang diakibatkan oleh rasa lelah, lapar dan terkadang juga dikarenakan adanya rasa bosan. Istirahat sejenak serta mengkonsumsi makanan bisa menjadi salah satu solusinya. Tentunya tidak sembarang makanan. Ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi terutama di siang hari sebagai Brain Food untuk menutrisi otak. Berikut beberapa jenis makanan terbaik untuk otak menurut The National Center for Biotechnology Information (CNBI), antara lain:

1. Kopi dan Teh
Jika dikonsumsi secara wajar, yakni tidak lebih dari 3 cangkir per harinya, maka kopi dan teh bisa membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi di siang hari. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein dalam kopi dan teh yang dapat mambantu meningkatkan kemampuan otak dalam menyerap informasi serta meremajakan sel-sel otak sehingga bermanfaat juga untuk meminimalisir kemungkinan penyakit alzheimer atau mudah lupa.

2. Cokelat Hitam
Jika mulai merasa sulit dalam berkonsentrasi saat beraktifitas di siang hari, maka untuk solusi cepatnya bisa mengudap makanan ringan seperti cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung antioksidan tinggi yang disebut flavonoid yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel saraf otak untuk meningkatkan daya konsentrasi serta mempertajam daya ingat.

3. Sayur Kubis, Sawi dan Brokoli
Di setiap menu makan siang sebaiknya jangan pernah lupakan sayuran, terutama sayur kubis, sawi dan brokoli. Ketiga jenis sayur ini disebut sangat baik untuk kesehatan otak karena mengandung antioksidan tinggi serta kaya akan kandungan vitamin C  yang dapat membantu menurunkan stres atau kelelahan pada otak setelah dipacu begitu keras untuk berpikir dalam waktu yang cukup lama.

4. Beras Merah, Oatmeal dan Roti Gandum
Pada menu makan siang akan lebih baik jika ditambahkan karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal, atau roti gandum. Beberapa jenis makanan ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kinerja otak yang optimal, yakni vitamin E, vitamin B, serat dan selenium.

5. Buah Stroberi, blueberry dan blackberrySering lupa atau begitu sulit mengingat sesuatu? Perkecil risiko mengalami hal ini dengan cara memasukkan buah beri seperti stroberi, blueberry dan blackberry ke dalam menu makan siang terbaik untuk otak. Siapa sangka di balik rasa masam buah-buahan beri ini ternyata terkandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan otak karena mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi.

6. Ikan, Telur dan Susu
Protein merupakan sumber pangan yang begitu istimewa terutama bagi kesehatan otak. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan, telur dan susu sangat baik untuk dikonsumsi karena terbukti secara empiris dapat mengurangi depresi pada otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

7. Kacang
Kacang, serta aneka makanan yang berasal dari biji-bijian hingga minyak zaitun ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi otak. Berbagai jenis makanan ini mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3 yang dapat melindungi otak dari berbagai dampak buruk dari paparan radikal bebas.

Konsumsi berbagai makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan otak di siang hari dapat mambantu  mengoptimalkan kinerja otak untuk kembali berkonsentrasi sepanjang hari. Terutama saat di tempat kerja, dimana kita dituntut untuk dapat selalu berkonsentrasi dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan. Oleh karena itu sangatlah penting bagi setiap perusahaan untuk menyediakan kantin yang menyediakan aneka jenis makanan yang bergizi untuk setiap karyawannya.

Namun di sisi lain Perusahaan dapat mengalami permasalahan dalam mengelola kantin perusahaan dan durasi jam istirahat karyawan. Apalagi jika perusahaan tersebut memiliki banyak kantin dan karyawan. Oleh karena itu, Fingerspot.iO memiliki fitur Kupon Makan Elektronik yang dapat memudahkan pengelolaan kantin perusahaan dan durasi jam istirahat karyawan.

Berikut Langkah mudah penggunaan fitur kupon makan elektronik Fingerspot.iO:

1. Manajemen perusahaan login di web Fingerspot.iO dengan menggunakan akun yang sudah didaftarkan dengan mengakses menu Pengaturan, memilih Kupon Makan Elektronik.

2. Kemudian mengisikan nama kantin, desksripsi kantin, password, dan foto. Manajemen perusahaan dapat mendaftarkan seluruh kantin yang berada di lingkungan perusahaan.

3. Langkah selanjutnya, mengatur durasi waktu rentang scan absensi karyawan sebelum memakai kupon makan.

4. Setelah data berhasil disimpan, manajemen perusahaan dapat mencetak QR Code dan menempelkan di kantin perusahaan untuk memudahkan karyawan melakukan scan kupon makan elektronik.

Bukan hanya itu saja, manajemen perusahaan dapat memantau penggunaan Kupon Makan Elektronik yang dilakukan oleh karyawan.

Begitu mudahnya penggunaan fitur kupon makan elektronik Fingerspot.iO, perusahaan pun dapat lebih leluasa menyediakan dan mengelola kantin karyawan yang menyediakan aneka menu makan siang sehat untuk menunjang kesehatan dan produktifitas karyawan selama bekerja.

Fingerspot, 15 Sep 2020 | Posted in TAG 1, TAG 2