KitaSchool, Layanan Absensi Sekolah dan Media Komunikasi Orang Tua – Sekolah dalam Satu Aplikasi


KitaSchool, Layanan Absensi Sekolah dan Media Komunikasi Orang Tua – Sekolah dalam Satu Aplikasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengawasan pada anak sekolah menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan bukan hanya oleh pihak sekolah, namun juga oleh orang tua. Hingga saat ini masih sering kita ketahui maraknya kasus penculikan anak. Seringkali terjadi kasus dimana sang penculik mengaku sebagai saudara orang tua murid yang diminta untuk menjemputnya. Selain itu, masalah ketidakdisiplinan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah juga menjadi perhatian khusus yang harus segera ditangani. Masih cukup banyak ditemui kasus anak yang pamit pada orang tuanya untuk pergi ke sekolah namun ternyata ia membolos, entah pergi dengan teman – temannya atau pergi ke tempat lain yang tidak berhubungan dengan  agenda kegiatan sekolah.

Berbagai masalah ini menjadi tantangan bersama untuk melindungi sekaligus memajukan kualitas anak – anak sekolah di Indonesia. Namun tantangan ini tidak mungkin jika hanya dibebankan pada instansi pendidikan. Orang tua tidak bisa menyerahkan sepenuhnya masalah ini pada pihak sekolah. Perlu adanya kerja sama yang baik antara pihak orang tua dan sekolah untuk mewujudkannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah media yang mampu menjembatani komunikasi yang efektif antara orang tua dan sekolah.

Menjawab tantangan ini, Fingerspot menghadirkan aplikasi absensi sekolah KitaSchool. KitaSchool adalah layanan absensi sekolah sekaligus media komunikasi antara orang tua dan sekolah yang efektif dan praktis dalam satu aplikasi. Berbagai keunggulan yang dimiliki Kitaschool menjadikannya sangat cocok untuk menunjang terwujudnya pendidikan yang komprehensif, integral dan optimal di tanah air.

Adapun fitur – fitur unggulan KitaSchool, antara lain:

1. Laporan Absensi Sekolah
KitaSchool sangat efektif untuk menangani absensi sekolah karena memang didesain khusus untuk mengelola data absensi sekolah, baik siswa, guru dan pegawai. Data scan di mesin absensi akan terhubung dan tersimpan di layanan cloud KitaSchool.
2. Import Data DAPODIK
Kitaschool dapat menerima data dari file DAPODIK. Data siswa, guru dan pegawai dapat diolah lebih terpadu, karena KitaSchool telah disesuaikan dengan format Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) berdasar acuan pemerintah.
3. Pembagian Kelas dan Jam Belajar/Mengajar/Kerja
KitaSchool juga menangani jam belajar siswa dan jam mengajar guru/jam kerja pegawai hingga 3x jam belajar/mengajar/kerja. Pembagian kelas reguler dan non-reguler (ekstrakurikuler) juga tersedia lengkap di dalamnya.
4. Teknologi Cloud
Software KitaSchool dapat diakses saat terhubung dengan internet selama 24 jam non-stop. Hal ini dikarenakan KitaSchool dibangun atas infrastruktur cloud. Itulah mengapa absensi sekolah cloud ini sangat fleksibel dalam penggunaannya.
5. Monitoring Berbasis Smartphone
Adanya fitur monitoring berbasis smartphone memungkinkan untuk memantau laporan data absensi (kehadiran, izin, ketidakhadiran) siswa, guru serta pegawai lebih mudah, cepat, akurat kapan pun dan dimana pun.
6. Notifikasi Aplikasi KitaSchool
Fitur notifikasi pada aplikasi KitaSchool bermanfaat untuk memantau kedisiplinan siswa agar lebih optimal. Melalui Aplikasi KitaSchool, Laporan absensi siswa (kehadiran dan ketidakhadiran) secara otomatis akan terkirim kepada orang tua dari siswa yang bersangkutan.
7. Informasi Kehadiran Real time
Informasi jam scan masuk dan scan pulang siswa, guru serta pegawai dapat dilihat secara real time melalui smartphone.
8. Media Interaksi yang User Friendly
Selain untuk mengelola data absensi sekolah, KitaSchool juga didesain sebagai media interaksi wali kelas dan orang tua yang informatif dan real time. wali kelas dapat mengirim pengumuman yang berhubungan dengan sekolah, kemudian orang tua bisa langsung meresponnya berupa chatting dengan guru atau orang tua lainnya.
9. Pengajuan Izin
Kemudahan dalam mengajukan izin juga menjadi salah satu manfaat dari fitur unggulan KitaSchool, sehingga orang tua dapat melakukan pengajuan izin lebih mudah melalui aplikasi KitaSchool yang terdapat pada smartphone milik orang tua. Pengajuan izin siswa akan terekap secara otomatis di KitaSchool sehingga memudahkan pihak sekolah untuk mengatasi masalah laporan absensi sekolah. Dengan fitur ini, guru juga secara otomatis menerima notifikasi izin dari siswa.
10. Fitur Penjemputan Siswa
Kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua terkait pengawasan penjemputan anak sangatlah penting untuk menjamin keselamatan anak. Dengan fitur penjemputan siswa yang terdapat pada KitaSchool dapat memudahkan pihak orang tua dan wali kelas untuk memantau status penjemputan siswa lebih praktis melalui smartphone. Pemantauan ini pun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui smartphone dengan koneksi internet.
11. Reminder Kegiatan Sekolah
Kitaschool memungkinkan orang tua yang sangat sibuk sekalipun untuk dapat memantau berbagai kegiatan anak di sekolah. Melalui fitur reminder kegiatan sekolah, maka sekolah dapat mengingatkan orang tua mengenai kegiatan sekolah anaknya, mengirimkan pengumuman atau informasi terbaru ke smartphone orang tua lebih cepat dan efektif. Fitur ini pun mendukung gerakan Go Green karena paperless, tidak memerlukan media kertas untuk mencetak pengumunan sehingga lebih ramah lingkungan.
12. Broadcast Penjemput
Pada siswa yang kurang disiplin seringkali memanfaatkan perubahan jam pulang lebih awal yang mendadak untuk pergi ke tempat selain rumah. Hal ini tentu berbahaya karena bisa jadi tempat yang dituju oleh anak tersebut kurang aman, atau juga diisi dengan aktifitas yang tidak bermanfaat atau bahkan cenderung merugikan anak. KitaSchool pun telah mengantisipasi hal ini dengan menyediakan fitur broadcast penjemput. Dengan adanya fitur broadcast penjemput maka sekolah dapat mengingatkan orang tua untuk menjemput siswa saat ada perubahan jam pulang siswa, terutama jika perubahan jam pulang dilakukan mendadak.
13. Informasi dan Status Pembayaran Sekolah
Memantau informasi dan status pembayaran sekolah adalah salah satu hal yang sangat penting. Orang tua bisa merasa lega mengetahui informasi dan status pembayaran sekolah yang akan dan telah dilakukan. Fitur ini pun membuat pihak sekolah jadi lebih leluasa mengirim informasi pembayaran atau mengubah status pembayaran dari setiap wali siswa/orang tua, sehingga dapat memperlancar administrasi sekolah.  
14. Laporan Tabungan Anak
Kini orang tua bisa lebih mudah memantau perkembangan tabungan anak di sekolah berkat adanya fitur laporan tabungan anak. Dengan fitur ini orang tua bisa menerima informasi laporan tabungan anak yang dikirim langsung oleh pihak sekolah.

KitaSchool yang merupakan software absensi sekolah berbasis web (kitaschool.com) dan mobile (aplikasi) dapat digunakan dengan berbagai produk mesin absensi jari Revo Series dari Fingerspot yang mendukung cloud, seperti: Revo FF-153BNC Pro dan Revo-156BNC, serta pada beberapa mesin absensi Revo Series yang butuh update layanan cloud, seperti Revo-163BNC, Revo FF-162BNC dan Revo Duo-158BNC.

Dengan terjalinnya kerjasama yang baik antara orang tua dan sekolah serta didukung teknologi mutakhir, maka harapan untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia yang komprehensif, integral dan optimal akan semakin mendekati kenyataan.

 

 

Fingerspot, 29 Nov 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2