• Selamat datang di Fingerspot Store


Kantor Modern Dapat Meningkatkan Produktivitas Karyawan Hingga Citra Perusahaan, Kok Bisa?

Kantor Modern Dapat Meningkatkan Produktivitas Karyawan Hingga Citra Perusahaan, Kok Bisa?

Siapa yang tidak ingin bekerja di kantor modern? bagi para pekerja masa kini terutama generasi milenial, bekerja di kantor modern merupakah salah satu hal yang sangat didambakan. Terutama bagi para pekerja muda yang enerjik, inovatif dan kreatif, maka suasana kantor yang nyaman dan kekinian akan sangat mempengaruhi kinerjanya. Nampaknya hal ini telah lebih dulu disadari oleh sederet perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Amazon yang memiliki kantor modern The Spheres di Seattle. Ada juga Googleplex, kantor modern milik Google yang berlokasi di Mountain View, dan masih banyak lagi perusahaan yang telah membuktikan bahwa karyawan mereka bisa lebih produktif dan kreatif ketika bekerja di kantor modern yang nyaman dan kekinian.

 

Manfaat Kantor Modern bagi Karyawan

Karyawan merupakan bagian dari perusahaan yang sangat vital untuk masa kini dan masa yang akan datang. Kesuksesan sebuah perusahaan juga turut dipengaruhi oleh kualitas seluruh karyawan yang bekerja di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraannya sehingga berpengaruh pada peingkatan produktivitas kerjanya. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan karyawan akan kantor yang memiliki interior modern dan nyaman.

Melansir laman Spacework, ternyata telah banyak riset yang mengatakan bahwa fitur ruangan kantor yang modern bisa membawa dampak positif pada tingkat produktivitas kerja karyawan. 

Setidaknya ada 3 manfaat dasar yang akan diperoleh karyawan yang bekerja di kantor modern, yakni:

  1. Menumbuhkan Motivasi Kerja
    Bekerja di ruang kantor yang modern dengan berbagai fasilitas kekinian yang futuristik akan membuat karyawan merasa nyaman dan suasana kerja jadi lebih menyenangkan. Bekerja dengan tanggung jawab yang besar, sering menghadapi berbagai masalah kerja dan harus selalu siap dengan berbagai tantangan baru bisa menimbulkan stres tersendiri bagi karyawan. Namun hal ini bisa diimbangi dengan suasana nyaman kantor yang modern. Dengan demikian, seberat apapun tugas kerjanya, karyawan tidak akan mudah menyerah dan akan tetap termotivasi untuk melaksanakan setiap tugas kerjanya dengan sebaik mungkin.
     
  2. Meningkatkan Produktivitas Kerja
    Sebuah riset yang pernah dilakukan oleh Deloitte memaparkan data bahwa sebanyak 75% karyawan membutuhkan tempat kerja yang nyaman dan modern sehingga dapat membuatnya jadi lebih produktif. Hal ini dikarenakan tempat kerja yang modern dan nyaman bisa mencegah stres, membuat suasana hati lebih baik di sepanjang hari kerja, bahkan bisa lebih fokus dan konsentrasi saat bekerja.
     
  3. Mendorong Antusiasme dan Loyalitas
    Kantor modern yang nyaman bisa membuat karyawan merasa betah dan bahagia sehingga akan mendorong karyawan untuk lebih antusias dan ingin melibatkan diri pada berbagai aktivitas kantor, baik itu yang berhubungan dengan pekerjaannya maupun organisasi atau perusahaan. Dengan demikian karyawan tidak akan lagi menganggap kerja sebagai rutinitas untuk memenuhi target saja, melainkan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan dengan menunjukkan semangat, menyampaikan ide-ide baru, bahkan menunjukkan loyalitas untuk memberikan lebih bagi perusahaan.

 

Manfaat Kantor Modern bagi Perusahaan

Ketika manfaat kantor modern telah dirasakan oleh karyawan, maka kondisi ini akan berdampak baik pula pada perusahaan. Karyawan yang merasa bahagia dan nyaman bekerja di kantor modern sehingga memiliki motivasi dan produktivitas kerja yang tinggi serta antusiasme dan loyalitas yang baik pada perusahaan, maka operasional perusahaan bisa berjalan lancar dan lebih mudah untuk meraih visi misi dan kesuksesan.

Disamping itu, dengan memiliki kantor yang modern maka akan dapat meningkatkan citra perusahaan. Sesuai dengan definisi citra perusahaan yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2009), bahwa citra perusahaan merupakan persepsi masyarakat terhadap perusahaan yang berhubungan dengan nama bisnis, arsitektur, variasi produk, tradisi, ideologi dan kesan pada kualitas yang dikomunikasikan oleh setiap karyawan yang berinteraksi dengan klien organisasi atau perusahaan.

Dari sini dapat dipahami bahwa kualitas karyawan dalam berkomunikasi dengan klien akan dapat mempengaruhi citra perusahaan. Semakin baik kualitas karyawan maka semakin baik pula citra perusahaan sehingga membuat klien percaya dan akan terus menjalin hubungan kerja sama atau setia dalam menggunakan produk perusahaan.

Selain itu, pada definisi citra perusahaan di atas juga menjelaskan bahwa arsitektur perusahaan juga memiliki pengaruh. Nah, konsep kantor modern yang berkaitan dengan tampilan interior kantor merupakan bagian dari arsitektur perusahaan yang bisa menambah kesan baik bagi kolega bisnis yang datang ke perusahaan.

 

Kriteria Kantor Modern

Setelah mengetahui besarnya manfaat kantor modern bagi karyawan dan perusahaan, pasti timbul keinginan untuk memilikinya. Untuk bisa memiliki kantor yang modern harus memenuhi beberapa kriteria seperti berikut ini:

  1. Kriteria Kantor Modern Berdasarkan Aktivitasnya
    • ??Setiap pekerjaan memiliki SOP yang lengkap dan jelas.
    • Memiliki karyawan yang terpercaya dan disiplin.
    • Adanya pimpinan dan karyawan yang mampu menyederhanakan kerja, menyederhanakan sistem dan melaksanakan setiap pekerjaan dengan efisien.
    • Terdapat pimpinan dan karyawan yang mampu bersikap, berfikir dan bertindak sesuai perkembangan zaman.
    • Pekerjaan yang meliputi komunikasi, pengumpulan dan pengelolaan data dilakukan menggunakan teknologi terkini.
       
  2. Kritera Kantor Modern Berdasarkan Sarana dan Prasarana
    • Semua sistem administrasi yang dimiliki dibangun berbasis teknologi. Misalnya saja administrasi yang berhubungan dengan kepegawaian dikelola menggunakan software HRIS.
    • Menyediakan perlengkapan kantor yang sesuai dengan kebutuhan berteknologi terkini, misalnya komputer, e-absensi, dan sebagainya.
    • Memiliki bangunan dan tata ruang yang baik juga modern. Misalnya, dengan menggunakan Smart Door untuk akses ruang kantor yang lebih modern.

Manfaatkan fitur Smart Door dari Fingerspot.iO yang dapat diintegrasikan dengan kunci digital untuk akses ruangan yang lebih praktis, nyaman dan aman serta kekinian. Dengan menggunakan Fingerspot.iO akan memungkinkan untuk membuka ruangan kantor  menggunakan ponsel sehingga keamanan ruangan dapat terjamin dan terlihat lebih modern.

Begini cara kerja Smart Door Fingerspot.iO dalam mendukung konsep kantor modern:

  • Manajemen perusahaan terlebih dahulu menambahkan karyawan yang akan diberikan hak akses dengan cara:
    1. Manajemen perusahaan mengakses akun di web Fingerspot.iO.
    2. Memilih menu Karyawan, kemudian memilih Pengguna Smart Door, dan memilih Tambah Karyawan untuk memilih karyawan mana yang mendapatkan akses ruangan.
       
  • Karyawan dapat mengakses pintu menggunakan App FiO dengan cara:
    1. Karyawan yang sudah didaftarkan untuk memiliki hak akses ruangan, mengakses App FiO di ponsel kemudian akses menu Lihat Semua.
    2. Memilih menu Smart Door.
    3. Memilih ruangan yang akan di akses.

Dalam menerapkan konsep kantor modern, beberapa hal mendasar yang juga perlu diperhatikan adalah adanya unsur efisiensi yang meliputi: pikiran untuk mencapai cara yang termudah; tenaga untuk mencapai cara yang teringan; waktu untuk mencapai cara yang tercepat; ruang untuk mencapai cara yang terdekat; serta benda untuk mencapai cara yang termurah.

Keseluruh unsur efisiensi dalam konsep kantor modern ini pastinya telah ada di fitur Smart Door dari Fingerspot.iO yang dapat diintegrasikan dengan kunci digital untuk akses ruangan yang lebih modern, mudah, cepat dan bisa didapatkan dengan harga yang murah.

  • 01 Mar 2022
×