Absensi Cloud – Teknologi Andalan HRD Masa Kini


Absensi Cloud – Teknologi Andalan HRD Masa Kini

Cloud memiliki pengertian sebagai sebuah metoda komputasi yang memiliki kemampuan akan teknologi informasi yang dihadirkan sebagai sebuah layanan yang dapat diakses melalui internet. Saat ini, teknologi cloud banyak dimanfaatkan untuk menunjang berbagai keperluan termasuk diimplementasikan pada sebuah sistem absensi.

 

Memahami Absensi Cloud

Absensi cloud merupakan sistem absensi berbasis internet. Dengan hadirnya teknologi cloud, maka data absensi dari berbagai kantor cabang bisa didapat dan diakses dengan lebih mudah dan cepat. Kini banyak perusahaan yang menggunakan sistem pencatatan kehadiran berbasis cloud baik dengan menggunakan media mesin absensi maupun smartphone.

Sistem absensi cloud dengan menggunakan mesin absensi biasanya digunakan oleh jenis usaha yang mengharuskan kehadiran karyawan secara fisik seperti perusahaan manufaktur atau pabrik. Dengan demikian, meski memiliki banyak pabrik di lokasi yang berbeda-beda, semua data kehadiran karyawan tetap dapat tercatat dan tersimpan secara terpusat, sehingga memudahkan dalam keperluan akses dan pengelolaan lebih lanjut.

Sedangkan sistem absensi cloud dengan menggunakan smartphone banyak digunakan oleh berbagai perusahaan karena memiliki kegunaan yang lebih universal untuk berbagai jenis pekerjaan. Dengan mengadopsi sistem absensi cloud yang melibatkan smartphone maka karyawan bisa mencatat kehadiran kerjanya kapan saja dan di mana saja dengan cara melakukan scan foto diri, tracking GPS maupun sidik jari di smartphone masing-masing. Manajemen perusahaan, HRD maupun pemilik perusahaan dapat melihat langsung kehadiran karyawan secara realtime tanpa batasan tempat dan waktu.

 

Manfaat Aplikasi Absensi Cloud bagi HRD atau Manajemen Perusahaan

Tak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan HRD yang banyak dan merepotkan seringkali lebih terbebani dengan urusan pengelolaan karyawan. Sedikit atau banyaknya jumlah karyawan dalam suatu perusahaan tidak mempengaruhi tingkat kerumitan aktivitas pengelolaan SDM. Berapapun jumlah karyawannya, urusan manajemen karyawan selalu menjadi tugas yang kompleks bagi tim HRD. Di sini, absensi cloud menjadi andalan karena mampu membantu kerja tim HRD menjadi lebih mudah, cepat dan paktis.

Mulai dari pemantauan kedisiplinan karyawan, kinerja, hingga urusan cuti atau pengajuan izin, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan SDM dalam perusahaan, semua dapat dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Cukup dengan menggunakan aplikasi absensi cloud.

 

Manfaat Aplikasi Absensi Cloud bagi Karyawan

Manfaat penggunaan absensi cloud pastinya juga turut dirasakan oleh seluruh karyawan. Karena dengan menggunakan aplikasi absensi cloud maka karyawan bisa lebih mudah dalam melakukan pencatatan kehadirannya kapan saja di mana saja dengan data yang akurat, kepraktisan dalam pengajuan izin atau cuti, transparansi informasi yang dibutuhkan, penggajian yang lancar dan pasti sesuai dengan data kehadiran.

 

Manfaat Aplikasi Absensi Cloud bagi Perusahaan

Selain dapat membantu mempermudah dan mempercepat kerja HRD dalam pengelolaan karyawan, perusahaan juga perlu mempertimbangkan penggunaan aplikasi absensi cloud karena adanya beberapa keunggulan berikut ini:

  1. Keamanan Data Absensi Terjaga
    Data absensi terkontrol dan terkumpul secara terpusat di cloud sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya manipulasi dan pencurian data.
     
  2. Menghemat Pengeluaran Perusahaan
    Pada umumnya absensi cloud bisa dimanfaatkan cukup dengan membayar biaya berlangganan sehingga pengeluaran perusahaan dapat lebih terkontrol.
     
  3. Fleksibel untuk Kebutuhan Segala Perusahaan
    Penyedia jasa absensi cloud biasanya menyediakan layanan upgrade plan sebagai solusi terkait kebutuhan perusahaan akan tambahan layanan dan kuota.
     
  4. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
    Produktivitas seluruh karyawan berdampak langsung pada produktivitas perusahaan. Sebuah aplikasi absensi cloud dengan segala keunggulannya mampu memangkas biaya, waktu, tenaga dan fikiran seluruh karyawan sehingga kinerja lebih maksimal dan produktivitas pun makin meningkat.

Seperti pada aplikasi absensi cloud Fingerspot.iO yang tak hanya mampu memberikan manfaat kemudahan aktivitas pencatatan kehadiran saja, melainkan mampu membantu dalam pengelolaan SDM pada perusahaan secara menyeluruh. Dilengkapi ragam fitur yang terus di-upgrade sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dari masa ke masa.

 Jam kerja normal, shifting, sistem kerja di kantor (WFO), kerja dari rumah (WFH) atau Remote Working (kerja jarak jauh) hingga model kerja perpaduan antara WFO dan WFH atau Hybrid, semua akan jadi lebih lancar dengan menggunakan aplikasi absensi cloud Fingerspot.iO.

Fingerspot, 13 Jan 2022 | Posted in TAG 1, TAG 2