\

Tugas HRD Ini Dapat Dikerjakan Lewat Smartphone


Tugas HRD Ini Dapat Dikerjakan Lewat Smartphone

Cara kerja tim HRD dalam mengelola administrasi karyawan dan perusahaan kini telah berubah seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat. Ada berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan personalia dan sumber daya manusia yang sekarang dapat dikerjakan dengan bantuan software atau aplikasi, baik yang berbasis komputer maupun smartphone. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif dan menghemat waktu HRD, sehingga Anda dapat lebih fokus untuk menciptakan inovasi dalam meningkatkan performa kinerja karyawan. Berikut ini beberapa tugas HRD yang dapat dikerjakan lewat smartphone.

Rekrutmen Karyawan

Salah satu tugas HRD yang paling menantang dan turut berkontribusi dalam menentukan nasib perusahaan ialah rekrutmen karyawan. Di era serba online dan jaringan internet ini, Anda tidak perlu sibuk dengan menyimpan dan me-review kertas-kertas surat lamaran dan Curriculum Vitae. Anda dapat menggunakan jasa dan situs lowongan kerja –seperti jobstreet dan karir.com- untuk mendapatkan data kandidat karyawan lebih mudah, mulai dari data kandidat yang melamar hingga mereka yang diterima sebagai karyawan.

Absensi Karyawan

Tugas HRD yang tak kalah menyita waktu dan tenaga adalah mengawasi absensi karyawan. Terlebih lagi jika perusahaan menerapkan tunjangan kehadiran dan denda keterlambatan. Dulu penggunaan mesin absensi masih dianggap kurang, karena pendokumentasian laporan kehadiran yang harus dilakukan secara manual. Namun, sekarang manajemen absensi kantor menjadi lebih realtime dan akurat dengan aplikasi absensi seperti EZCloud. EZCloud merupakan aplikasi absensi via smartphone yang memudahkan karyawan dalam mencatat waktu kehadirannya. Aplikasi EZCloud ini dapat terhubung dengan software dan mesin absensi, sehingga pengolahan absensi karyawan pun menjadi lebih praktis.

Cuti, Izin, dan Penggajian

 Dulu karyawan yang ingin mengajukan cuti dan perizinan diwajibkan mengisi formulir khusus dan mengajukannya kepada pihak HRD. Cara ini dipandang kurang efisien karena formulir yang rentan hilang akan menyulitkan HRD saat menghitung cuti karyawan. Saat ini telah tersedia aplikasi yang memungkinkan karyawan mengajukan cuti secara online, seperti EZCloud. Aplikasi ini memudahkan karyawan mengajukan cuti melalui smartphone tanpa harus mengisi formulir di kantor, setelah itu HRD juga dapat mengolah pengajuan cuti tersebut melalui aplikasi EZCloud.

                Rekap absensi, baik kehadiran, ketidakhadiran, cuti, izin, dan tindakan indisipliner (seperti terlambat, pulang cepat, dan istirahat berlebih) yang telah tercatat pada aplikasi EZCloud dan mesin absensi dapat dikumpulkan menjadi satu laporan absensi yang kemudian akan menentukan besaran gaji karyawan. Resiko human error sangatlah tinggi jika HRD menghitung gaji karyawan dengan cara konvensional. Namun, kini HRD dapat menggunakan software absensi dan penggajian seperti Fingerspot Personnel. Software ini akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah, cepat, dan akurat.

                Demikian ulasan mengenai beberapa tugas HRD yang dapat dikerjakan dengan hanya mengandalkan smartphone. Sudah saatnya Anda beralih ke HRIS Fingerspot untuk manajemen absensi perusahaan yang lebih baik. Fingerspot siap mengelola absensi dan penggajian perusahaan Anda menjadi lebih efektif. Jadi, kapan Anda beralih ke HRIS Fingerspot? Fingerspot – The Next Step in HR Platform.

Fingerspot, 04 May 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2