Tips Mudah dan Tepat Merawat Mesin Absensi Sidik Jari

Tips Mudah dan Tepat Merawat Mesin Absensi Sidik Jari

Membeli barang elektronik tentunya membutuhkan berbagai perawatan untuk menunjang dan menjaga kondisi barang tersebut tetap optimal. Hal ini juga berlaku pada perawatan mesin absensi sidik jari yang sering kita gunakan sehari-hari untuk melakukan pencatatan kehadiran. Pasalnya, alat elektronik ini digunakan oleh banyak orang dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Ratusan sidik jari karyawan akan dibaca oleh mesin setiap harinya dan harus direkap tiap akhir bulan. Dengan begitu, para pemilik perusahaan atau divisi HRD harus tahu cara merawat mesin absensi agar awet dan tahan lama. Berikut ini kami ulas mengenai cara mudah merawat mesin absensi sidik jari.

  1. Instalasi dan Penempatan

Menentukan tempat pemasangan mesin absensi sidik jari merupakan hal yang penting. LCD dan sensor sangat sensitif dengan lokasi tempat Anda memasang mesin. Berikut ini kondisi yang harus Anda pikirkan sebelum memasang mesin absensi.

  1. Tempatkan mesin absensi di tempat yang teduh dan jauhkan dari udara yang lembab dan berair.
  2. Hindarkan mesin dari kontak langsung cahaya berintensitas tinggi, seperti cahaya matahari atau lampu.
  3. Jauhkan mesin dari benda-benda keras atau yang mudah jatuh.
  4. Letakkan mesin di tempat yang cukup aman dari jangkauan anak-anak.
  1. Membersihkan mesin

Sistem kerja mesin absensi sidik jari ini terbilang cukup sensitif, sehingga Anda perlu membersihkan mesin secara teratur. Keberadaan debu yang hinggap pada mesin akan mengganggu pembacaan sidik jari saat karyawan melakukan scan. Anda dapat menempelkan selotip bening pada layar scanner secara berulang sampai tidak ada sidik jari yang menempel pada selotip. Perawatan ini bisa dilakukan minimal 3 hari sekali atau maksimal 1 minggu sekali.

  1. Hapus data di mesin secara berkala

Sebaiknya data absensi lama yang tersimpan pada mesin telah di-download dan dihapus secara berkala. Hal ini bertujuan untuk membuat kinerja identifikasi sensor menjadi lebih cepat dan mesin tidak hang. Selain itu, nyalakan mesin saat diperlukan. Mengingat mesin absensi juga menggunakan listrik sebagai sumber dayanya, maka sebaiknya mesin dimatikan dan dinyalakan bila diperlukan untuk mencegah terjadinya konslet ataupun terkena petir saat hujan.

  1. Pemeriksaan berkala di service center resmi

Pemeriksaan mesin absensi ini penting untuk memastikan kondisi mesin dalam keadaan optimal. Anda dapat membawa mesin tersebut pada showroom untuk dilakukan pemeriksaan serta perawatan secara berkala sehingga kinerja dari sistem dan fungsi sensor bisa berjalan dengan baik. Apabila ditemukan sedikit masalah, maka pihak service center akan segera melakukan perbaikan dan mesin bisa digunakan kembali untuk jangka waktu yang lama.

                Demikian ulasan mengenai tips mudah merawat mesin absensi sidik jari dan wajah. Pastikan mesin absensi Anda merupakan produk mesin absensi yang berkualitas, seperti Fingerspot. Fingerspot telah terpercaya sejak 2002 sebagai penyedia mesin absensi sidik jari dan wajah dalam memenuhi kebutuhan absensi dan personalia. Semua produk Fingerspot mempunyai berbagai varian produk manajemen absensi dengan kualitas terbaik dan dilengkapi dengan garansi, CD software, user guide, dan video tutorial. Tidak hanya itu, Fingerspot juga menawarkan jaminan purna jual terpercaya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera berlangganan produk Fingerspot dan dapatkan penawaran menarik bulan ini di lama PROMO kami.

Share:

Related News: