Tips Ampuh Atasi Salah Kirim Email

Tips Ampuh Atasi Salah Kirim Email

Apakah Anda sering menggunakan email sebagai media komunikasi? Pernahkah Anda merasa frustasi dan cemas karena salah mengirim email? Misalnya saja jika Anda sedang kesal karena sedang diterpa banyak pekerjaan oleh bos di kantor, lalu tingkat konsentrasi menurun, dan akhirnya mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam mengirim file atau dokumen email. Mengalami hal semacam ini tentu sangat menyebalkan, bukan? Namun jangan khawatir, beberapa layanan email kini menghadirkan menu Undo alias pembatalan saat penggunanya mengirimkan email ke orang yang salah.

Dikutip dari CNBC, penyedia layanan email dengan kapasitas penyimpanan terbesar, yaitu Gmail, memiliki fungsi atau fitur pembatalan pengiriman email. Fungsi ini berguna untuk menghindarkan pengguna dalam kesalahan pengiriman surat elektronik. Bagaimana caranya menggunakan fitur ini? Berikut ini kami paparkan cara pembatalan email melalui Gmail.

Gmail tidak memiliki opsi pembatalan email seperti fitur pembatalan email yang ada pada Outlook. Namun, layanan surel milik Google ini menghadirkan sebuah fungsi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan unsent atau membatalkan pengiriman email beberapa detik setelah tombol Send diklik. Cara mengaktifkan fungsi ini cukup mudah.

Pertama, buka Settings atau Setelan pada Gmail Anda (menu ini ditandai dengan ikon gir yang terletak di bawah foto pengguna). Pilih pada menu Settings, kemudian Anda akan menemui menu Undo Send. Di samping kanan menu tersebut, berikan  tanda centang pada opsi Enable Undo Send atau Aktifkan Urung Kirim.

Anda juga bisa mengatur batas maksimal dalam melakukan Undo Sent atau pembatalan pengiriman ini. Anda dapat mengatur pilihan waktu pembatalan, antara 5, 10, 20, atau 30 detik. Setelah itu, klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Selanjutnya, Anda akan melihat pop-up setiap Anda selesai mengirim email. Pop-up ini muncul di bawah search option yang berisi pemberitahuan mengenai opsi Urung atau Undo saat setelan Unsent ini telah aktif.

Jika Anda ingin mengurungkan atau membatalkan pengiriman pesan elektronik ini, Anda bisa meng-klik opsi Undo atau Urung pada pop-up tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa pilihan ini hanya berfungsi sesuai dengan waktu yang telah Anda tentukan pada menu Settings dan sebelum pesan benar-benar terkirim ke orang yang dituju.

Demikian adalah fitur Unsent yang tersemat pada layanan pesan elektronik buatan Google alias Gmail. Dengan begitu, Anda dapat mencegah dan terhindar dari kesalahan pengiriman email. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Sumber gambar : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/magazine.job-like.com/magazine/wp-content/uploads/2016/11/21152342/shutterstock_409078687.jpg

Share:

Related News: