Stop Boros! Ayo, Atur Keuanganmu Mulai dari Sekarang!

Stop Boros! Ayo, Atur Keuanganmu Mulai dari Sekarang!

Akhir bulan biasanya menjadi momok bagi para karyawan. Bagaimana tidak? Pendapatan mereka sudah hampir habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan ada yang sampai lupa uang yang dihabiskan tadi sudah digunakan untuk apa saja. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan agar akhir bulan tidak panik? Berikut kami berikan tipsnya.

  1. Menabung setelah gajian

Setelah gaji cair, segera tabung 20% dari pendapatan bersih dan 80% untuk kita belanjakan. Dari 80% dibagi lagi menjadi 50% untuk kebutuhan sehari-hari dan 30% untuk membeli apa yang Anda inginkan. Rumus sederhana ini dikenalkan oleh pemikir manajemen bisnis Joseph M. Juran. Perlu Anda ingat bahwa keberhasilan dalam mengatur keuangan tergantung dari bagaimana Anda menabung dan membelanjakan uang.  

  1. Selalu catat pengeluaran dan membandingkan harga

Untuk mengetahui dan mengevaluasi usaha Anda dalam mengatur keuangan sebaiknya catat semua pengeluaran. Dengan demikian, Anda jadi lebih paham pengeluaran apa saja yang lebih banyak dan mengantisipasinya dengan cara mengurangi pengeluaran tersebut dalam jumlah yang wajar. Bagaimana caranya? Bandingkan harga kebutuhanmu dengan toko lain. Kalau harga di toko lain lebih murah, beli saja di toko itu. Biaya yang dikeluarkan pun berkurang sehingga Anda bisa lebih menghemat uang.

  1. Jangan berhutang

Mungkin Anda berpikir hutang bisa menjadi penyelamat saat di keadaan darurat. Tapi bila yang dilakukan gali lubang dan tutup lubang terus maka akan merugikan diri sendiri. Selagi masih bisa membayar janganlah berhutang. Jika belum bisa membeli tak perlu memaksakan untuk berhutang, sebaiknya tabung dulu hingga uangnya cukup agar bisa membeli barang yang Anda inginkan. Dan selalu ingat untuk membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan.

  1. Sisihkan untuk investasi atau modal usaha

Selain menabung, Anda juga bisa memulai investasi atau membangun usaha agar tabungan bisa bertambah. Kini di internet sudah banyak informasi mengenai investasi dan usaha apa yang cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki modal minim serta waktu yang fleksibel. Mengapa tidak mulai mencobanya?

Demikian tips mengatur keuangan agar bisa lebih hemat dan menabung. Menabunglah mulai sekarang, jangan ditunda karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Belajarlah untuk lebih bijak dalam menggunakan uang. 

Share:

Related News: