\

Seberapa Penting Penilaian Kinerja Karyawan bagi Perusahaan?


Seberapa Penting Penilaian Kinerja Karyawan bagi Perusahaan?

Apakah perusahaan Anda telah melakukan penilaian kinerja setiap tahunnya? Walaupun jawabannya “iya”, tetapi nyatanya beberapa perusahaan tidak benar-benar menerapkan performance management atau manajemen kinerja. Selama ini beberapa perusahaan hanya mengimplementasikan performance appraisal setiap tahun. Tidak jarang HRD dan manajemen perusahaan merasa sudah menerapkan performance management dengan melakukan appraisal setiap tahun. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa kedua hal ini sangatlah berbeda.

 Ada perbedaan mendasar antara performance management dengan performance appraisal. Performance appraisal biasanya hanya dilakukan pada akhir periode atau akhir tahun berupa penilaian dan evaluasi target kerja. Sedangkan performance management dilakukan terus menerus sepanjang tahun dan setiap saat. Proses performance management tidak hanya dilakukan untuk mengevaluasi, melainkan untuk mendorong semua karyawan berkontribusi demi keberhasilan perusahaan sekaligus mengembangkan diri karyawan.

Proses performance appraisal berfokus pada evaluasi atau penilaian hasil kerja, sedangkan performance management berfokus pada proses kerja, perencanaan tujuan bersama, coaching selama proses kerja, serta review yang dilakukan secara berkelanjutan. Dalam menerapkan performance management, target dan standar kerja merupakan hasil kesepakatan bersama dalam tim kerja, bukan ditentukan satu pihak. Dengan demikian, performance management lebih memberikan pengaruh, mengingat proses penilaian yang bersifat terus menerus dan memiliki tujuan bersama yang lebih jelas serta terarah.

Bila selama ini perusahaan Anda belum menerapkan penilaian kinerja karyawan seperti ini, ada baiknya memulai dari sekarang karena hal ini juga akan berimbas pada kesuksesan perusahaan Anda kedepannya. Mengimplementasikan penilaian seperti ini juga baik untuk meningkatkan kualitas lingkungan kerja yang lebih positif dan sehat. Lingkungan kerja yang positif akan membangun rasa kekeluargaan dan gotong royong untuk mencapai kesuksesan bersama diantara para karyawannya.

Sejak berdiri pada 2002, Fingerspot turut berkomitmen dalam kemajuan pengelolaan sumber daya manusia. Melalui teknologi biometrik berupa mesin absensi dan aplikasi absensi, seperti EZCloud dan Fingerspot Personnel. Perusahaan tidak lagi kerepotan dalam memantau performa karyawan, terlebih lagi pada segi kehadiran karyawan, dimana kehadiran merupakan kontribusi terpenting karyawan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lengkapi inventaris perusahaan Anda dengan produk kami dan nikmati pengalaman manajemen absensi terbaik bersama Fingerspot.

Fingerspot, 16 May 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2