\

Pelajari Hal Berikut Sebelum Membeli Mesin Absensi Biometrik


Pelajari Hal Berikut Sebelum Membeli Mesin Absensi Biometrik

Kini penggunaan mesin check clock tergantikan oleh mesin absensi biometrik yang sedang menjadi tren teknologi absensi masa kini. Dengan mesin absensi biometrik, kedisiplinan di kantor maupun di sekolah dapat meningkat, lebih menghemat kertas (paperless), waktu juga tenaga.

Selain lebih canggih, tentunya sangat mempermudah tugas para admin dan HRD perusahaan dalam merekap serta mengolah data kehadiran menjadi laporan yang akurat dan lengkap. Kejadian manipulasi data kehadiran seperti titip absen pun bisa tertangani karena mesin absensi ini mengharuskan scan kehadiran dengan sidik jari atau wajah yang pastinya sulit diduplikasi oleh orang lain.

Yang sekarang sering digunakan oleh banyak perusahaan dan sekolah ada 2 jenis mesin absensi biometrik yaitu, mesin absensi sidik jari (fingerprint) atau mesin absensi wajah (face detection).

Perbedaan mesin absensi sidik jari dan wajah

Kalau dari cara penggunaan sudah jelas berbeda karena mesin absensi sidik jari menggunakan verifikasi sidik jari dan mesin absensi wajah menggunakan verifikasi wajah. Namun, adakalanya sidik jari susah terdeteksi terlebih saat sidik jari kotor, basah, berkeringat atau terlalu kering karena sensor sidik jari pada mesin absensi sangat sensitif.

Untuk mengantisipasi hal ini, biasanya mesin absensi sidik jari dilengkapi jenis verifikasi lain seperti kartu maupun password agar karyawan bisa tetap melakukan scan kehadiran. Salah satu contoh mesin absensi sidik jari dari Fingerspot adalah Revo Duo-158BNC yang memiliki dobel sensor sidik jari untuk mengurangi jumlah antrian dan mempercepat proses saat akan scan kehadiran. Mesin absensi ini cocok digunakan untuk jumlah orang yang banyak karena mampu menampung data sidik jari sebanyak 10.000 jari, 10.000 kartu, dan 160.000 data scan.

Mesin absensi wajah memiliki teknologi yang lebih canggih dengan penggunaan yang  simpel, mudah dan cepat. Contohnya mesin absensi wajah Revo FF-162BNC. Dengan dibekali kamera inframerah, scan kehadiran menggunakan wajah di ruangan yang gelap pun bisa terdeteksi. Cara scan kehadiran dengan mesin absensi jenis ini adalah berdiri di depan mesin absensi wajah dalam jarak yang tepat agar bisa terdeteksi oleh kamera. Selain itu, mesin absensi wajah ini dapat digunakan untuk mengontrol akses pintu dan dilengkapi dengan removable battery.

Setelah mengetahui perbedaan kedua jenis mesin absensi biometrik di atas, Anda bisa mempertimbangkan mesin absensi mana yang lebih cocok dan sesuai kebutuhan di perusahaan ataupun di sekolah. Selalu pilih mesin absensi dari Fingerspot yang memiliki aplikasi personalia dan penggajian yaitu Fingerspot Personnel, layanan purna jual terpercaya dan layanan konsultasi GRATIS. Dapatkan produk terbaik Fingerspot lainnya di sini.

Fingerspot, 14 Mar 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2