\

Pantau Data Absensi Karyawan dari Berbagai Lokasi dengan Cloud Storage


Pantau Data Absensi Karyawan dari Berbagai Lokasi dengan Cloud Storage

Mengolah data absensi karyawan memang tidak mudah karena membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi agar bisa menghasilkan laporan absensi yang akurat. Apalagi data absensi selalu berkaitan dengan penghitungan gaji karyawan. Kalau ada data yang tidak sesuai seperti data scan masuk dan scan pulang karyawan pasti akan berpengaruh dengan gaji karyawan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera beralih menggunakan mesin absensi dan aplikasi personalia-penggajian seperti milik Fingerspot. Data kehadiran karyawan akan terekap dengan mudah melalui mesin absensi Fingerspot. Kemudian, dari data tersebut dapat diolah menjadi laporan absensi yang lengkap dan akurat dengan aplikasi Fingerspot Personnel. Lalu, bagaimana dengan perusahaan yang memiliki banyak cabang dan ada di berbagai lokasi? Tenang saja, karena Fingerspot menghadirkan layanan cloud storage untuk mengumpulkan data absensi dari berbagai lokasi sehingga bisa dilihat 24 jam nonstop.

  1. Fingerspot.net

Fingerspot.net adalah layanan cloud untuk mesin Revo Series (Revo Cloud Duo, Revo FF-153BNC Pro, dan Revo-156BNC. Untuk Revo Duo-158BNC, harus diaktifkan dulu di service center) serta Figo. Data kehadiran dari berbagai lokasi bisa terkirim dan tersimpan jadi satu di server Fingerspot.net secara realtime, mudah, cepat, serta akurat. Yang menarik adalah adanya fitur Visitor yang fungsinya memudahkan karyawan mobile (karyawan yang berpindah-pindah lokasi kerja) melakukan scan masuk dan scan pulang di mesin absensi kantor lainnya. Selain itu, Fingerspot.net juga dilengkapi fitur Meeting Management agar bisa membagikan informasi mengenai agenda rapat, memantau kehadiran peserta rapat, dan mengetahui siapa saja yang telah menghadiri rapat beserta jam berapa saja peserta rapat hadir.  

  1. FingerspotCloud.net

Layanan cloud ini dapat mendistribusikan data karyawan seperti PIN, nama, sidik jari karyawan ke mesin absensi. FingerspotCloud.net juga dilengkapi API SDK agar bisa terhubung dengan aplikasi absensi milik perusahaan sendiri. Untuk pengolahan data kehadiran yang lebih lengkap, aplikasi personalia-penggajian Fingerspot Time Management dan Fingerspot Personnel bisa dihubungkan ke layanan FingerspotCloud.net. Data kehadiran dari FingerspotCloud.net bisa diekspor ke berbagai macam file seperti XLS, CSV, TXT, dan SAO. Mesin absensi yang support dengan layanan cloud ini adalah Hybrid Pro, New Premier, Elegant series, dan Figo.

  1. KitaCloud.com

KitaCloud.com juga merupakan layanan cloud dari Fingerspot. Data kehadiran karyawan dari berbagai lokasi bisa terkirim dan tersimpan di satu server secara otomatis dan realtime. Setelah itu, atasan atau pemilik perusahaan akan menerima email berisi data kehadiran karyawan saat itu juga dengan fitur Email Monitoring. Data absensi dari KitaCloud.com dapat diolah lebih lengkap dengan menggunakan aplikasi Fingerspot Personnel. Mesin absensi yang cocok untuk layanan cloud ini adalah Neo-151NC dan Neo A-152NC+.

  1. KitaServer

Sedikit berbeda dengan layanan cloud lainnya, KitaServer adalah aplikasi cloud yang dapat di-install atau dipasang di server perusahaan sendiri. Data menjadi lebih terjaga karena bisa diolah sesuai dengan kebutuhan perusahaan sendiri. Support dengan database Ms. SQL Server, MySQL, Oracle, dan database aplikasi Fingerspot Personnel. Data kehadiran/data scan dari mesin absensi cabang lain juga bisa ditampilkan secara realtime di KitaServer. Selain data absensi bisa dipantau melalui komputer, data tersebut dapat dikirimkan ke smartphone milik atasan karena terdapat fitur SMS Gateway. Untuk mengkoneksikan mesin absensi ke KitaServer, Anda dapat menggunakan jaringan lokal (LAN) atau internet (WAN).

  1. Figo for U.are.U Digital Persona

Figo adalah aplikasi absensi yang digunakan untuk sensor sidik jari dari Digital Persona yaitu, U.are.U 4500, U.are.U iSafe 4500, dan U.are.U 5100. Penggunaannya sangat mudah, cukup pasang sensor sidik jari U.are.U ke komputer dan aplikasi Figo, karyawan bisa scan kehadiran dan data tersebut akan tersimpan di server cloud (Fingerspot.net, FingerspotCloud.net atau KitaCloud.com) secara realtime. Figo dapat melakukan sinkron data karyawan seperti sidik jari karyawan dan PIN karyawan ke berbagai mesin absensi di lokasi kantor atau cabang yang berbeda.

  1. KitaSchool

KitaSchool adalah aplikasi absensi dan layanan cloud untuk kebutuhan sekolah. Tidak hanya untuk mengolah data absensi siswa melainkan juga data absensi para guru dan staf. KitaSchool dibuat berdasarkan format Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dari Pemerintah. Layanan cloud ini juga telah hadir dalam bentuk aplikasi Android, Anda bisa langsung install dari Google PlayStore. Para orangtua serta guru juga dapat memantau kehadiran siswa melalui smartphone. Informasi mengenai kegiatan sekolah juga bisa disampaikan langsung pada orangtua melalui smartphone karena terdapat fitur Group Chat.

  1. EZCloud

Kini melakukan scan kehadiran dengan smartphone sudah bisa dilakukan dengan EZCloud. Aplikasi ini memiliki fitur Scan GPS agar karyawan mobile bisa melakukan scan setelah mengaktifkan GPS smartphone dan mengirim foto selfie sebagai bukti kehadiran. Pengajuan izin dan cuti karyawan bisa dilakukan melalui smartphone. Setelah izin dan cuti diajukan, atasan atau HRD bisa langsung membalas apakah izin dan cuti tersebut diterima atau ditolak. EZCloud bisa dikombinasikan dengan aplikasi Fingerspot Personnel dan mesin absensi Revo FF-153BNC Pro atau Revo-156BNC. 

Fingerspot, 09 May 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2