Masalah Umum Mesin Absensi dan Solusinya (Bagian 2)

Masalah Umum Mesin Absensi dan Solusinya (Bagian 2)

Pada artikel sebelumnya, Fingerspot telah membahas mengenai masalah mesin absensi dan tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Masalah mesin absensi yang diutarakan pada artikel bagian pertama membahas mengenai identifikasi sensor mesin yang lambat, mesin mengalami hang, mesin tidak berhasil membaca sidik jari, jam dan tanggal mesin tidak sesuai, serta mesin yang tidak bisa terkoneksi dengan komputer. Kali ini, kami akan membahas permasalahan lain yaitu cara menggunakan mesin dan cara menampilkan laporan absensi karyawan.

1. Tidak tahu cara menggunakan mesin

Mesin absensi fingerprint memang bukanlah alat yang umum digunakan oleh masyarakat. Mesin absensi tidak sama dengan barang elektronik lainnya seperti televisi dan smartphone yang dapat digunakan tanpa harus membaca buku petunjuk atau panduan penggunaanya. Anda tentu membutuhkan panduan untuk dapat mengoperasikan alat ini, terlebih lagi jika Anda merupakan pengguna baru mesin absensi sidik jari. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih mesin absensi yang lengkap dengan buku petunjuk atau panduan singkat, video penggunaan, fasilitas training gratis, dan penyediaan jasa atau layanan konsultasi.

2. Laporan absensi karyawan tidak muncul

Karyawan sudah melakukan scan absensi, tapi data scan karyawan tersebut tidak masuk dalam laporan absensinya. Apakah Anda pernah mengalami kasus tersebut? Jika Anda pernah mengalaminya, apa tindakan yang Anda lakukan? Berikut ini adalah beberapa penyebab laporan absensi karyawan tidak muncul.

a. Karyawan belum melakukan scan atau scan belum berhasil

Anda dapat mengetahui data scan absensi karyawan tersebut dengan melakukan pengecekan secara langsung pada mesin. Mesin absensi menyediakan menu untuk memeriksa data scan absensi. Cek data scan ini dapat dilakukan semua orang, baik administrator mesin maupun karyawan itu sendiri.

b. Data belum terkirim ke software

Anda dianjurkan untuk melakukan download data scan kehadiran ke software personalia secara teratur. Anda dapat menggunakan software personalia yang menawarkan fitur penjadwalan download data scan. Namun, bagi Anda yang telah menggunakan layanan cloud, data scan kehadiran akan terkirim ke server secara otomatis menggunakan koneksi internet. Jika koneksi internet Anda sedang tidak aktif alias offline, maka data scan akan dikirim saat koneksi internet Anda kembali aktif.

c. Belum mengatur jadwal kerja

Anda dapat membuat dan menjadwalkan jam kerja karyawan pada software absensi sebelum karyawan melakukan scan absensi. Laporan absensi karyawan akan dihitung berdasarkan jam kerja dan mengikuti aturan umum dalam absensi. Jika Anda belum melakukan pengaturan jadwal kerja, maka scan karyawan tersebut tidak terhitung dan tidak muncul pada software. Hal inilah yang menyebabkan karyawan tersebut dianggap tidak hadir pada laporan absensi.

Demikian ulasan mengenai masalah umum pelanggan dalam menggunakan mesin absensi. Pastikan produk yang Anda gunakan memberikan jaminan purna jual terpercaya seperti Fingerspot yang merupakan brand produk biometrik. Fingerspot sebagai leading vendor mesin absensi di Indonesia senantiasa memenuhi kebutuhan konsumen dan melayani berbagai macam solusi sistem absensi Anda. Segera kunjungi Promo Kami untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya. Ikuti pula media sosial YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter untuk dapatkan informasi lebih lengkap seputar berita dan produk terbaru kami.

Share:

Related News: