Masalah Umum Mesin Absensi dan Solusinya (Bagian 1)

Masalah Umum Mesin Absensi dan Solusinya (Bagian 1)

Apakah Anda sedang mengalami masalah atau kendala dalam menggunakan mesin absensi dan software absensi di kantor? Hal ini memang tidak dapat dihindari. Tidak dapat dipungkiri bahwa mesin dan software absensi terkadang memiliki beberapa kelemahan, mengingat produk tersebut merupakan barang digital elektronik yang dibuat oleh tangan manusia.

Seiring berjalannya waktu, semua barang elektronik akan mengalami penurunan performa. Begitu juga dengan mesin absensi yang Anda gunakan di kantor atau perusahaan. Anda mungkin akan menemui berbagai tanda yang kerap menjadi tolok ukur kemampuan mesin absensi makin menurun. Tentunya, masalah ini tidak hanya berlaku pada mesin absensi lama saja. Beberapa mesin absensi yang baru pun terkadang mengalami masalah dan kendala yang sama. Berikut ini adalah 5 masalah mesin absensi yang sering kali terjadi beserta solusinya.

1. Identifikasi Sensor yang Lambat

Mesin absensi stand alone memiliki batasan kapasitas sidik jari dan daya tampung data scan yang akan berpengaruh pada sistem mesin. Semakin banyak data scan yang tersimpan, maka semakin lama pula proses identifikasi sidik jarinya. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda akan menjumpai peringatan “No more space” pada mesin absensi Anda. Sebagai akibatnya, mesin absensi akan mengalami hang atau macet dan proses data scan tidak diterima. Anda dapat melakukan pengolahan data absensi secara berkala dengan men-download data absensi lalu lakukan penghapusan data scan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Hang atau Macet

Mesin berada dalam kondisi hang atau macet dikarenakan oleh beberapa hal, seperti daya tampung data scan yang terlalu penuh, adanya masalah hardware, dan adaptor mengalami trouble. Untuk menangani kendala mesin mengalami hang alias macet, Anda dapat melakukan download semua data scan absensi lalu menghapus semua data scan dari mesin. Selain itu, Anda juga dapat melakukan restart mesin (mematikan mesin lalu menghidupkannya kembali). Apabila mesin masih mengalami kondisi yang sama, lakukan reset atau inisialisasi pada mesin. Jika mesin tetap mengalami hang, silahkan menghubungi tim teknis atau service center produk mesin absensi Anda.

3. Tidak Berhasil Membaca Sidik Jari

Beberapa penyebab mesin tidak dapat mengidentifikasi sidik jari ini menyebabkan data scan karyawan tidak tersimpan pada mesin. Kasus tidak terbacanya sidik jari ini dapat dialami oleh sebagian bahkan seluruh karyawan. Anda dapat mencoba memeriksa kondisi mesin berikut.

a. Keadaan permukaan sensor

Jika kondisi permukaan sensor sudah mulai buram atau kotor, maka Anda dapat membersihkan permukaan sensor tersebut dengan menggunakan selotip atau solasi bening. Bila menemui adanya goresan pada permukaan sensor, silahkan melakukan penggantian kaca sensor dengan mengirimkan mesin ke service center.

b. Periksa data karyawan dan sidik jari

Apabila semua data tidak terbaca atau kosong, bisa jadi data karyawan tidak sengaja terhapus. Anda dapat melakukan upload sidik jari dan data karyawan dari software absensi untuk menangani masalah tersebut.

c. No more space

Adanya pesan “No more space” merupakan peringatan error yang dikarenakan oleh penuhnya kapasitas data scan pada mesin. Anda dapat menghapus data absensi pada mesin tersebut untuk mengatasi pesan error tersebut. Namun, pastikan semua data scan absensi karyawan pada mesin absensi fingerprint tersebut sudah di-download.

4. Jam dan Tanggal Tidak Sesuai

Tidak jarang pula Anda sebagai pengguna mesin absensi menemui kejadian di mana jam dan tanggal pada mesin mengalami ketidaksesuaian. Periksalah menu pengaturan date time pada mesin, lalu ubah waktunya sesuai dengan zona waktu wilayah Anda. Sebagai alternatif lainnya, Anda juga dapat menggunakan sistem sinkronisasi waktu. Jika jam dan tanggal pada mesin kembali mengalami ketidaksesuaian, kemungkinan hal tersebut diakibatkan oleh baterai c-mos, sehingga Anda bisa mengirimkan mesin tersebut ke service center untuk penggantian baterai.

5. Tidak Bisa Terkoneksi dengan Komputer

Masalah mengkoneksikan mesin dengan komputer sering kali dijumpai pengguna mesin absensi sidik jari. Pertama, silahkan periksa kabel jaringan Anda dan pastikan kabel jaringan sudah terkoneksi dengan mesin. Kemudian, lakukan pengaturan IP mesin dan IP komputer, pastikan IP mesin satu kelas dengan IP komputer. Bila mesin masih belum berhasil terkoneksi dengan komputer, kemungkinan hardware port TCP/IP pada mesin mengalami kerusakan.

Demikian adalah 5 masalah yang biasanya ditemui pelanggan dalam menggunakan mesin absensi. Pastikan produk yang Anda gunakan memberikan jaminan purna jual terpercaya seperti Fingerspot yang merupakan brand produk biometrik. Fingerspot sebagai leading vendor mesin absensi di Indonesia senantiasa memenuhi kebutuhan konsumen dan melayani berbagai macam solusi sistem absensi Anda. Segera kunjungi Promo Kami untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya. Ikuti pula media sosial YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter untuk dapatkan informasi lebih lengkap seputar berita dan produk terbaru kami.

Share:

Related News: