Manajemen Waktu Bagi Efektivitas Kerja Karyawan


Manajemen Waktu Bagi Efektivitas Kerja Karyawan

Dalam dunia usaha sering kali kita dengar waktu lebih penting dari pada uang. Produktivitas karyawan sangat erat hubungannya dengan manajemen waktu kerja dari karyawan. Produktivitas karyawan bagi perusahaan berkontribusi kepada produktivitas perusahaan dan tentunya meningkatnya profit perusahaan. Meningkatkan produktivitas karyawan tidak cukup dengan terus-menerus mendorong mereka bekerja keras atau bahkan bukan solusi tepat yang bisa menjadi bumerang bagi perusahaan atau leader. Bekerja keras, belum tentu bekerja cerdas karena diperlukanya strategi manajemen yang perlu diterapkan. 

Sudah menjadi pengertian umum bahwa manajemen waktu adalah salah satu keterampilan penting yang harus kita pelajari dalam dunia bisnis. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah sesuatu yang diharapkan dari semua karyawan, yang hanya dapat dicapai jika waktu dikelola secara efisien.

Berikut ini beberapa hal penting memaksimalkan manajemen waktu bagi karyawan guna mendapatkan hasil kerja yang cerdas, efisien dan tentu saja hasil produktivitas yang lebih maksimal pula.

1. Memahami Peran dan Tanggung Jawab
Memastikan karyawan memahami apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing karyawan menjadi salah satu hal terpenting. Pada umumnya, karyawan yang baru saja bergabung dalam sebuah team work tidak mengetahui peran kontribusi dan tanggung jawabnya dalam perusahaan. Namun, tak dipungkiri sering kali ada karyawan lama yang lupa dengan peran dan tanggung jawabnya dikarenakan prestasinya. Pangkat dan jabatanya barunya membuat lupa akan tanggung jawab barunya yang seharusnya lebih meningkatkan produktifitas.

2. Prioritas
Memprioritaskan pekerjaan yang diberikan merupuakan hal yang penting, karena mendapatkan beberapa tugas secara bersamaan bagi seorang karyawan telah menjadi hal yang lumrah . Dalam hal ini, sangatlah penting untuk mengetahui sifat pekerjaan baik urgent untuk segera dilakukan maupun tugas yang bisa ditunda yang dapat dilakukan setelah yang pertama.

3. Jadwal Kerja
Sering kali karyawan melupakan pekerjaanya karena keasyikan dengan rekan-rekannya, browsing, istirahat kerja atau mengulur waktu istirahatnya. Memang kegiatan menyelesaikan rutinitas pekerjaaan dibutuhkan refreshing. Namun, sering kali melupakan kontrol waktu sehingga harus kerja sampai larut. Untuk memudahkan pengaturan jam kerja saat ini sudah banyak mesin pendukung seperti mesin absensi lengkap dengan software manajemen absensi.

4. Kualitas
Kerja dengan waktu yang singkat dan terburu-buru bukan cara sukses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perhatikan kualitas kerja, karena hal ini juga berhubungan dengan manajemen waktu karyawan.

5. Menunda
Kecenderungan seseorang menunda pekerjaan yang pada akhirnya akan menumpuk perkerjaan. Ketika Anda seorang karyawan tahu bahwa tugas tertentu harus dilakukan dengan cara yang Anda dapat lakukan, maka mulailah dengan segera. Hindari menunda pekerjaan, karena ini adalah kunci paling penting dalam manajemen waktu dan kesuksesan karir.

Demikian hal penting bagi seorang karyawan dalam mengatur waktu kerja untuk kerja yang lebih cerdas dan efisien. Tulisan ini kami dedikasikan spesial untuk rekan sahabat dan semoga bermanfaat untuk Anda pelanggan setia kami.

Fingerspot, 10 Mar 2016 | Posted in TAG 1, TAG 2