Kesulitan Membuat Program Aplikasi Absensi Sendiri? Gunakan SDK!


Kesulitan Membuat Program Aplikasi Absensi Sendiri? Gunakan SDK!

Sebagai programmer atau software developer tentu membutuhkan logika yang sangat kuat dan paham dengan berbagai macam bahasa pemrograman agar dapat membuat aplikasi sesuai keinginan client. Namun, adakalanya client menginginkan aplikasi harus dibuat dengan ditambahkan fitur baru yang belum pernah dicoba oleh programmer. Memang seiring perkembangan zaman maka banyak bahasa pemrograman baru yang lebih bagus dan menarik. Maklum saja, si client ingin mendapatkan aplikasi yang lebih optimal dari segi fitur, desain dan penggunaannya. Mau belajar bahasa pemrograman baru dari awal akan membutuhkan proses yang lama, padahal client sudah mengumumkan deadline yang harus ditepati. Kesulitan ini pun dialami oleh mahasiswa Teknik Informatika saat mereka dituntut untuk mengerjakan TA (Tugas Akhir) dengan membuat aplikasi atau program yang berbeda dari teman lain. Jadi, bagaimana solusinya? 

Sekarang ini sudah terkenal penggunaan SDK (Software Development Kit). Apa itu SDK? SDK adalah tools/kit berupa sample code atau contoh kode pemrograman untuk mengembangkan aplikasi.  Dengan demikian programmer dapat memahami alur program sesuai bahasa pemrograman yang dikuasai. Fingerspot juga menyediakan beberapa SDK untuk membantu para programmer dalam mengembangkan aplikasi yang terintegrasi dengan sensor sidik jari atau mesin absensi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. FlexCode SDK

FlexCode SDK sangat sederhana, mudah dipelajari dan mudah digunakan sesuai dengan tuntutan kebutuhan aplikasi Anda. Anda cukup memanggil fungsi-fungsi yang dibutuhkan untuk registrasi dan verifikasi sidik jari secara instan. Jadi, Anda tidak perlu melakukan coding rumit untuk membuat fungsi-fungsi registrasi maupun verifikasi sidik jari. FlexCode SDK dilengkapi dengan sensor sidik jari Digital Persona U.are.U 4500 yang dikenal tangguh dan awet. Sample code FlexCode SDK tersedia dalam bahasa pemrograman VB6, Delphi 7, VB.Net, C#.Net, dan PHP yang bisa Anda download melalui https://flexcodesdk.com/.  

  1. FastCode SDK

FastCode SDK dilengkapi dengan U.are.U 5100 dari Digital Persona. Dengan memasukkan parameter sederhana, FastCode SDK akan mengerjakan seluruh proses terkait dengan alat pembaca sidik jari dan sistem operasi yang rumit hingga menghasilkan format sidik jari dalam bentuk digital (template sidik jari).  Kecepatan verifikasi sidik jari dengan FastCode SDK mencapai 1000 template sidik jari per detik. Anda bisa mendapatkan sample code FastCode SDK dalam bahasa pemrograman VB.Net dan C#.Net.

  1. Easylink SDK

Mesin absensi sidik jari dan wajah dari Fingerspot dapat diintegrasikan dengan Easylink SDK. Meskipun tipe mesin absensi yang dimiliki berbeda tipe, Anda masih bisa mengembangkannya dalam satu SDK sehingga menjadi lebih mudah dan cepat. Format data yang dihasilkan dari Easylink SDK dapat didistribusikan ke berbagai format bahasa pemrograman karena menggunakan format JSON. Easylink SDK juga mendukung pengelolaan template sidik jari dan wajah serta dapat dijalankan di semua Windows (XP/7/8/10). Easylink SDK telah tersedia dalam bahasa pemrograman Delphi7, PHP, VB.Net, dan C#.Net.

Penggunaan SDK sangat bermanfaat dan dapat dipelajari semua programmer pemula hingga yang sudah sangat ahli dalam membuat program aplikasi. Jika mengalami kesulitan saat menggunakan salah satu SDK yang dimiliki Fingerspot, tak perlu sungkan untuk konsultasi dengan CSO kami yang andal dan profesional di http://fingerspot.com.

 

Sumber gambar : roberthalf.com.sg

Fingerspot, 24 Jan 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2