Ingin Resign? Lakukanlah 3 Hal Ini Dulu

Ingin Resign? Lakukanlah 3 Hal Ini Dulu

Sebagai orang muda, keinginan untuk mencoba hal-hal baru dan pindah kerja demi mendapatkan karir yang menjanjikan selalu  terlintas dalam pikiran. Benar kita memang tidak bisa langsung cocok dalam 1 jenis pekerjaan, tapi apakah karena hal tersebut kita langsung mengajukan resign? Ada baiknya dipikirkan dulu dengan matang agar tidak terjadi kekecewaan karena salah memutuskan pilihan.

Bila Anda adalah seorang fresh graduate atau baru saja lulus dari universitas, sebaiknya bersabar dan bertahan dulu hingga akhir kontrak karena Anda bisa mendapatkan bekal ilmu yang sangat bermanfaat dari perusahaan tempat Anda mulai bekerja. Perlu Anda tahu, perusahaan kurang menyukai Curriculum Vitae (CV) berisi rekam jejak kerja yang hanya beberapa bulan saja dan bisa jadi Anda akan dianggap kurang profesional serta tidak loyal.  

Berbeda lagi apabila Anda sudah mengalami pengalaman kerja selama 1 – 2 tahun. Tentunya perusahaan akan lebih mempertimbangkan Anda untuk melakukan wawancara kerja. Tapi, sebelum mengajukan resign sebaiknya Anda melakukan 3 hal di bawah ini.

  • Buat Rencana Setelah Resign

Sebelum resign, buatlah rencana dengan membuat daftar perusahaan-perusahaan impian yang akan kamu lamar. Cari info sebanyak-banyaknya tentang perusahaan-perusahaan tersebut dan analisa apakah sesuai dengan passion kerja Anda. Selain itu, Anda dapat memikirkan jenis usaha yang ingin dikelola dan dikembangkan.  

  • Serap Ilmu dari Perusahaan

Jangan lupa untuk menyerap ilmu dari perusahaan sebagai bekal untuk di tempat kerja selanjutnya. Mulai dari mempelajari serta menguasai job desc pekerjaan Anda dan mengembangkan relasi dengan orang-orang kantor sebelumnya. Bisa saja Anda mendapatkan lowongan pekerjaan yang potensial dari relasi Anda di kantor yang sebelumnya.

  • Jangan Jadikan Alasan untuk Kerja Asal-Asalan

Meskipun Anda berencana untuk resign, bukan berarti Anda lantas bekerja asal-asalan. Bekerjalah dengan baik dan maksimal agar nanti bisa mendapatkan surat rekomendasi dari perusahaan. Anda juga akan dinilai profesional dan memiliki kinerja yang baik.

Tidak ada salahnya mencari pekerjaan baru demi meraih karir yang bagus dan gaji yang besar . Bekerja di banyak bidang juga dapat memperkaya wawasan dan pengalaman Anda di dunia kerja. Dari pengalaman kerja tersebut, Anda bisa menemukan passion yang cocok sehingga Anda dapat bekerja dengan sepenuh hati serta ikhlas.

Sumber gambar: https://www.thebalance.com/

Share:

Related News: