Ingin Mendisiplinkan Karyawan yang Bandel? Gunakan Tips Ini!


Ingin Mendisiplinkan Karyawan yang Bandel? Gunakan Tips Ini!

Dalam dunia kerja, kedisiplinan merupakan hal yang penting. Disiplin adalah bentuk kepatuhan serta tanggung jawab karyawan terhadap perusahaan dengan mengerjakan tugas demi mencapai visi dan misi perusahaan. Namun, adakalanya peraturan kedisiplinan yang telah dibuat oleh perusahaan dilanggar oleh beberapa karyawan yang bandel alias tidak disiplin. Jika karyawan tersebut tidak segera memperbaiki perilakunya, tentu akan menghambat pekerjaan rekan lainnya dan membuat lingkungan kerja tidak kondusif.

Lalu, bagaimana caranya mendisiplinkan karyawan seperti itu? Berikut kami berikan tips ampuh untuk mengatasinya.

  1. Tegurlah setelah terjadi pelanggaran

Ditegur rasanya tidak enak, apalagi menegur karyawan sendiri. Namun, hal ini harus dilakukan agar karyawan tersebut bisa kembali ke “jalan yang benar” dan mau bekerja sama demi tercapainya tujuan perusahaan. Yang lebih penting lagi, teguran ini harus Anda sampaikan secara 4 mata agar orang lain tidak mendengarkan dan karyawan tersebut tidak merasa dipermalukan di depan orang lain. Sampaikan teguran dengan suara tenang sehingga karyawan mau menerima saran dan terbuka pada Anda.

  1. Komunikasi 2 arah untuk mencari solusi

Berikan kesempatan pada karyawan untuk mengutarakan masalah yang dihadapinya. Dengarkan baik-baik agar Anda bisa mencari solusinya. Tunjukkan sikap yang peduli, bukannya menghukum mereka. Siapa tahu, karyawan tersebut merasakan kondisi lingkungan kerjanya kurang menyenangkan sehingga dia menjadi tidak disiplin. Di sinilah peran Anda untuk lebih mengayomi karyawan agar mereka dapat bekerja dengan nyaman. Berikan juga saran dan nasihat agar kinerjanya bisa lebih produktif dan maksimal. Tak ada salahnya juga bila Anda menampung saran dari karyawan tersebut demi kemajuan perusahaan dan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik.

  1. Review ulang peraturan perusahaan

Apakah peraturan yang dibuat perusahaan sudah jelas dan cukup tegas? Bila belum, maka harus ditambahkan peraturan yang tegas dan ada hukumannya. Peraturan perusahaan ini harus dijalankan dengan konsisten agar semua orang bisa lebih disiplin dan bertanggung jawab. Siapa saja yang melanggar baik atasan maupun bawahan akan diberi hukuman sesuai kesepakatan bersama. Sedangkan untuk karyawan yang selalu disiplin akan diberi reward (bisa berupa voucher belanja atau pulsa) agar karyawan lebih semangat bekerja.

  1. Pakai mesin absensi

Meski peraturan perusahaan sudah dijalankan dengan konsisten, ada baiknya Anda menambahkan mesin absensi agar karyawan bandel tidak berani berulah lagi. Mesin absensi dapat membantu Anda merekap data kehadiran karyawan dengan lengkap serta akurat. Siapa saja yang terlambat pasti bisa diketahui lebih cepat. Namun, Anda harus pintar memilih mesin absensi yang terjamin kualitasnya seperti salah satu brand mesin absensi terkemuka di Indonesia yaitu, Fingerspot.

Ketidakdisiplinan tidak boleh dibiarkan saja agar tidak mengancam produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, lakukan 4 tips di atas agar karyawan bisa lebih bertanggung jawab dan dapat memberikan hasil kinerja yang baik.

 

Sumber gambar: dok. Nova Grid Id

Fingerspot, 03 Jan 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2