Destinasi Wisata paling 'Hits' di Purwokerto


Destinasi Wisata paling 'Hits' di Purwokerto

Wisata adalah salah satu kegiatan yang paling disukai oleh hampir setiap orang. Bagaimana tidak, kegiatan wisata nyatanya mampu menjadi 'obat' bagi fisik dan jiwa yang lelah akibat rutinitas sehari - hari yang banyak menyita energi, fikiran, bahkan emosi. Pada dasarnya, wisata adalah sebuah kegiatan menyenangkan yang dapat menyegarkan jiwa dan raga agar dapat kembali beraktivitas dengan penuh semangat. Sehingga, bisa dikatakan bahwa setiap orang butuh meluangkan waktu dan anggaran untuk berwisata.

Sebelum melakukan kegiatan wisata sebaiknya rencanakan jauh - jauh hari agar bisa disesuaikan dengan kondisi fisik dan budget yang dimiliki. Wisata tak harus jauh dan mahal seperti ke luar negeri. Di dalam negeri pun kita bisa mendapatkan pengalaman wisata yang begitu menyenangkan. Jika mau menelusuri lebih dalam, maka kita akan menemukan banyak sekali destinasi wisata di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Misalnya di Purwokerto. Ibu Kota Kabupaten Banyumas ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang layak untuk dimasukkan ke dalam agenda wisata Anda. Dan inilah beberapa destinasi wisata paling 'hits' di Purwokerto :

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang masih aktif. Namun hal ini tidak menyurutkan nyali para pendaki untuk menaklukkan puncak tertinggi di Jawa Tengah ini. Terbukti dari selalu banyaknya pengunjung yang datang untuk melakukan pendakian. Wisata yang cukup menantang ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menguji adrenalin di hamparan gunung berapi yang begitu eksotis.

2. Baturraden

Wisata alam Baturraden terletak di kaki Gunung Slamet dengan panorama alam berupa hutan pinus atau hutan damar yang membuat pemandangan jadi begitu bersih dan udara yang sejuk. Di sekitaran komplek wisata ini terdapat pemandian air panas belerang, sehingga seringkali dijadikan tempat berendam bagi para pengunjung yang ingin mengobati berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Selain itu, terdapat pula bumi perkemahan yang biasanya digunakan untuk kegiatan alam siswa maupun berbagai komunitas.

3. Pancuran Telu & Pancuran Pitu

Masih di sekitar kawasan wisata Baturraden, Anda akan mendapati tempat wisata bernama Pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Keduanya adalah wisata alam berupa pancuran air belerang, yang membedakannya adalah adanya 7 buah pancuran yang mengeluarkan air dingin pada Pancuran Pitu, sedangkan pada wisata Pancuran Telu terdapat 3 buah pancuran yang mengeluarkan air hangat.  

4. Telaga Sunyi

Jika Anda lebih menyukai wisata yang menenangkan, maka Anda bisa berkunjung ke Telaga Sunyi, sebuah telaga dengan pemandangan air yang begitu jernih. Berlokasi tak jauh dari wisata Baturraden, wisata Telaga Sunyi ini pun juga memiliki panorama hutan pinus dengan udara yang segar dan air jernih yang begitu menenangkan.

5. Gua Sarabadak

Tak hanya Gunung Slamet, Purwokerto juga masih memiliki wisata ekstrim lain yang layak untuk dikunjungi, seperti Gua Sarabadak. Dikatakan ekstrim, karena untuk menuju tempat wisata tersebut Anda harus berjalan kaki cukup jauh. Sebuah perjalanan yang cukup melelahkan sekaligus menyenangkan karena di sepanjang perjalanan meniti jalan setapak tersebut Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk dan menambah semangat. Setibanya di Gua Sarabadak anda akan dibuat kagum dengan dinding gua yang berasal dari batu berwarna emas alami.

6. Curug Gede, Curug Ceheng, Curug Belot, Curug Cipendok

Anda penggemar wisata air terjun? Tenang, Purwokerto punya banyak wisata air terjun yang biasa disebut 'curug'. Ada Curug Gede, Curug Ceheng, Curug Belot dan Curug Cipendok yang menjadi beberapa lokasi wisata air terjun paling 'hits' di Purwokerto. Kesemua curug tersebut menyajikan wisata alam dengan pemandangan eksotis air terjun yang dikelilingi pepohonan hijau serta udara yang sejuk.

7. Mata Air Panas Kalibacin

Purwokerto juga memiliki Wisata Husada yang begitu fenomenal berupa pemandian mata air panas Kalibacin. Tempat wisata ini begitu ramai dikunjungi baik sekedar untuk berendam melepaskan penat, maupun untuk alternatif pengobatan penyakit kulit dan tulang karena berasal dari sumber mata air murni. Berlokasi di Desa Tambak Negara, Kecamatan Rawalo, wisata mata air panas Kalibacin ini menjadi tujuan wisata yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

8. Combong Valley dan Dreamland Park

Selain terkenal akan wisata alam yang memukau, Purwokerto juga memiliki tempat wisata dengan konsep cukup moderen seperti Combong Valley dan Dreamland Park. Wisata Combong Valley merupakan surganya permainan outbound di Purwokerto dengan berbagai aktifitas menantang seperti Kano, bersepeda, menjelajah hutan, serta paint ball. Sedangkan Dreamland Park merupakan taman wisata bermain air yang berlokasi di Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, dengan beragam wisata di dalamnya, seperti kolam renang berukuran sangat besar, papan seluncur, ember tumpah, taman reptil, taman unggas, dan taman batu.

9. Gua Maria Kaliori

Gua Maria kaliori semakin melengkapi keberagaman jenis wisata di Purwokerto. Sehingga, selain wisata alam, wisata husada, dan wisata berkonsep moderen, Purwokerto juga memiliki wisata religi yang begitu menarik untuk dikunjungi, seperti Gua Maria Kaliori. Keistimewaannya terletak pada adanya patung Bunda Maria yang sudah diberkati oleh Paus Paulus II, sehingga banyak umat Kristen Katholik dari berbagai kota yang datang untuk berdoa langsung disana. Gua Maria Kaliori juga terbuka bagi pengunjung umum dari berbagai agama untuk sekedar melihat - lihat sambil menikmati suasana di sekitar yang begitu teduh dan tenang.

Itulah beberapa destinasi wisata paling 'hits' di Purwokerto yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kegiatan wisata pastinya belum lengkap ya tanpa kuliner, karena selain memiliki banyak tempat wisata, Purwokerto juga terkenal dengan aneka kuliner khas yang unik dan lezat. Selain mengunjungi tempat wisata dan menjajal aneka kuliner, jangan lupa juga untuk mengunjungi kantor cabang Fingerspot Purwokerto yang menyediakan teknologi biometrik sebagai solusi yang murah, produktif dan efisien.

Fingerspot, 04 Oct 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2