Cloud Storage : Teknologi Penyimpanan Digital Masa Kini

Cloud Storage : Teknologi Penyimpanan Digital Masa Kini

Media penyimpanan data digital saat ini sudah memasuki era yang baru. Jika dulu kita hanya mengenal media penyimpanan data seperti hard disk, flashdisk, dan CD, maka kini perkembangan teknologi telah menawarkan media penyimpanan data secara online yang dikenal dengan nama cloud storage. Tidak seperti media offline yang membutuhkan berbagai perangkat khusus, akses data digital kini lebih mudah dengan adanya teknologi cloud.

Keberadaan cloud storage di era digital telah memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan email, media sosial, surveillance, dan sistem absensi. Penerapan teknologi cloud ini telah dilakukan oleh beberapa perusahaan IT ternama di dunia, seperti Google lewat aplikasi Google Drive, IBM lewat Blue Cord Initiative, Microsoft lewat sistem operasinya yang berbasis cloud computing, Windows Azure, dan masih banyak lagi perusahaan IT ternama lainnya.

Cloud storage merupakan media penyimpanan yang dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet alias online. Cloud storage dapat memberikan efisiensi tempat dan waktu dibandingkan dengan penggunaan media penyimpanan lainnya. Teknologi cloud menawarkan fleksibilitas pengaksesan data, sehingga data yang tersimpan di cloud dapat diakses kapan pun dan di mana pun sesuai kebutuhan Anda, inilah kelebihan utama sistem cloud. Layanan cloud diyakini sebagai cara ampuh berinvestasi untuk jangka panjang. Penghematan biaya untuk pembelian inventaris kantor akan berkurang dan Anda hanya perlu membayar biaya layanan cloud sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati.

Teknologi berbasis sistem cloud ini menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Anda tidak perlu lagi repot melakukan instalasi. Cukup dengan login dari browser yang Anda gunakan, Anda sudah dapat menggunakan layanan cloud ini. Anda dapat mengunduh, mengunggah, mengubah data, menyinkronkan data, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya yang akan diteruskan ke server. Setelah perintah atau aktivitas Anda diterima di server, maka data akan diproses, kemudian aplikasi akan menampilkan hasil yang terbaru.

Berikut adalah contoh penerapan teknologi cloud dalam sistem absensi. Misalnya, Anda mengubah data karyawan dari cloud fingerspot.net, maka server akan menyinkronkan data karyawan tersebut pada mesin absensi Anda secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengubah data karyawan di mesin absensi Anda, karena data karyawan yang tersimpan di cloud fingerspot.net dan data karyawan yang ada pada mesin absensi akan sinkron secara otomatis. Teknologi cloud seperti inilah yang memudahkan Anda dalam melakukan pengolahan berbagai kegiatan absensi lainnya.

Demikian penjelasan mengenai teknologi cloud sebagai media paling efisien dalam penyimpanan data. Beberapa faktor seperti ketersediaan internet sebagai jalur utama dalam distribusi data dan kualitas vendor akan layanan sistem cloud akan menjadi pertimbangan tersendiri sebelum Anda memutuskan pemakaian sistem cloud. Fingerspot sebagai vendor sistem absensi terkemuka di Indonesia turut mengembangkan produknya berbasis sistem cloud, berupa fingerspot.net, fingerspotcloud.net, kitacloud.com, kitaschool, dan EZCloud. Segera berlangganan layanan cloud sekarang juga dan nikmati kemudahan akses data di mana dan kapan pun Anda berada! Jangan lewatkan pula PROMO dan kunjungi laman NEWS untuk penawaran dan berita menarik lainnya.

Share:

Related News: