8 Alur Umum Penggunaan Mesin Absensi Sidik Jari Fingerspot

8 Alur Umum Penggunaan Mesin Absensi Sidik Jari Fingerspot

Mesin absensi berteknologi canggih kini sudah marak digunakan untuk kebutuhan kantor, sekolah, pabrik, restoran, hotel, dan lain-lain. Dibandingkan dengan mesin absensi manual, tentunya mesin absensi sidik jari dan wajah Fingerspot sebagai vendor terkemuka mesin absensi di Indonesia telah terbukti lebih unggul dan menguntungkan. Mesin absensi Fingerspot memberikan kemudahan bagi para admin HRD dalam mengolah data kehadiran karyawan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penggunaan mesin absensi Fingerspot sangatlah mudah dan simpel. Yang lebih menguntungkan lagi, setiap pembelian mesin absensi Fingerspot, Anda juga akan mendapatkan bonus berupa aplikasi personalia dan penggajian Fingerspot Personnel. Berikut ini kami ulas alur umum penggunaan mesin absensi yang dapat Anda gunakan sebagai panduan penggunaan sistem absensi di kantor Anda. 

  1. Registrasi sidik jari/wajah/kartu/password di mesin absensi

Anda bisa mendaftarkan 1 karyawan dengan satu atau lebih verifikasi. Misalnya, Anda mendaftarkan karyawan A dengan verifikasi sidik jari. Kemudian, karyawan A tersebut bisa didaftarkan lagi untuk verifikasi wajah, kartu, maupun password. Yang perlu diingat, Anda tidak bisa mendaftarkan sidik jari atau wajah yang sudah terdaftar di mesin absensi karena langsung terdeteksi bila ada sidik jari atau wajah yang dobel alias ganda.

  1. Install Aplikasi Fingerspot Personnel dan koneksikan mesin absensi ke komputer atau laptop

Aplikasi Fingerspot Personnel bisa di-install di Windows XP/7/8/10. Aplikasi ini memiliki fitur dashboard yang berguna untuk melihat berbagai statistik kehadiran karyawan dengan mudah dan cepat (terlambat, pulang awal, tidak masuk, status kontrak, status pernikahan, rentang usia, dan berbagai informasi lain tentang karyawan) dalam bentuk diagram. Sesudah install aplikasi Fingerspot Personnel, koneksikan mesin absensi Fingerspot ke komputer atau laptop (bisa menggunakan kabel LAN, kabel USB, atau flashdisk tergantung tipe mesin yang digunakan).

  1. Download atau edit data karyawan dari mesin absensi ke aplikasi Fingerspot Personnel

Setelah mendaftarkan semua karyawan di mesin absensi, selanjutnya Anda download data karyawan dari mesin absensi ke aplikasi Fingerspot Personnel. Di aplikasi ini data karyawan bisa Anda lengkapi seperti nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, jabatan, departemen, kantor dan sebagainya.

  1. Buat jam kerja dan jadwal kerja di aplikasi Fingerspot Personnel

Langkah ketiga, buatlah jam kerja dan jadwal kerja di aplikasi Fingerspot Personnel agar data kehadiran karyawan bisa diolah menjadi laporan yang akurat. Pertama, tambahkan jam kerja untuk mengatur waktu kerja, misalnya Anda bekerja mulai jam 08.00 – 16.00 WIB. Selanjutnya jam kerja yang sudah dibuat dimasukkan ke jadwal kerja yang bisa diatur polanya misalnya diberlakukan harian, mingguan atau bulanan yang akan berulang secara terus menerus. Lalu, bagaimana jika perusahaan Anda memiliki jam kerja shift? Aplikasi Fingerspot Personnel bisa menanganinya, tentunya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, jam kerja dan jadwal kerja harus dibuat dengan benar.

  1. Lakukan scan kehadiran di mesin absensi sesuai jam kerja yang berlaku di perusahaan

Kemudian, lakukan scan kehadiran di mesin absensi sesuai jam kerja yang berlaku di perusahaan. Kami sarankan untuk melakukan scan kehadiran dengan lengkap, maksudnya karyawan melakukan scan masuk dan scan pulang agar data kehadiran bisa diproses menjadi laporan yang lengkap dan tepat.

  1. Download data kehadiran dan proses laporan di aplikasi Fingerspot Personnel

Proses download data kehadiran bisa dilakukan kapan saja sesuai yang Anda inginkan menggunakan koneksi kabel LAN, kabel USB, dan flashdisk yang nantinya diproses menjadi laporan di aplikasi Fingerspot Personnel. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur auto download untuk mengambil data kehadiran dari mesin absensi secara otomatis berdasarkan jam yang sudah jadwalkan.

  1. Penggajian (optional)

Aplikasi Fingerspot Personnel juga bisa Anda gunakan untuk mengolah penggajian karyawan secara GRATIS. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan seperti menambah komponen gaji, rumus dan kondisi penggajian sesuai ketentuan yang berlaku, proses penggajian berdasarkan data kehadiran yang nantinya akan menghasilkan slip gaji.

  1. Backup Database

Untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda melakukan backup database secara rutin dan berkala. Jadi, bila suatu waktu komputer sedang bermasalah atau ganti ke komputer yang baru data kehadiran karyawan Anda masih ada dan bisa dilihat kembali melalui aplikasi Fingerspot Personnel.

Demikian 8 alur penggunaan mesin absensi Fingerspot. Cukup dengan 8 langkah di atas, Anda mampu mengolah kegiatan absensi dengan lebih mudah tanpa harus merekap laporan absensi secara manual. Fingerspot juga menyediakan aplikasi absensi berbasis smartphone EZCloud yang lebih memudahkan Anda memantau kegiatan absensi melalui smartphone. Jadi, tunggu apa lagi? Segera berlangganan produk kami dan nikmati kemudahan pengolahan kegiatan absensi sekarang juga. Ikuti pula program promo Great October 2017 hanya di Fingerspot!

Share:

Related News: