6 Tanda Saat yang Tepat untuk Resign dan Pindah Kerja

6 Tanda Saat yang Tepat untuk Resign dan Pindah Kerja

Sangat wajar jika Anda mengalami penurunan kreativitas dan ketidakpuasan pribadi saat berkutat dalam pekerjaan yang sama dalam sekian tahun lamanya. Rasa penat atau jenuh mungkin bisa berhenti sejenak dengan sebuah liburan yang santai untuk menyegarkan pikiran dan perasaan. Di sisi lain, Anda mungkin lebih baik mengeksplorasi kesempatan lain saat Anda telah menguasai pekerjaan dan perusahaan. Keputusan resign atau mengundurkan diri dari perusahaan memang bukanlah pilihan yang mudah. Untuk menghilangkan keraguan Anda, berikut tanda yang jelas dan tepat untuk meninggalkan pekerjaan.

1. Tidak ada tantangan lagi di tempat kerja

Mampu menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang bagus. Namun, saat Anda telah menguasai pekerjaan dengan sangat baik, Anda tidak lagi menemui tantangan dan menimbulkan rasa bosan. Inilah saatnya untuk Anda keluar dari zona nyaman.  Dengan berpindah tempat kerja, Anda juga dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri Anda.

2. Lingkungan kerja kurang sehat

Anda menemui rekan kerja yang suka membuat gosip daripada melakukan pekerjaannya? Atau kolega yang gemar mementingkan kebutuhannya sendiri? Budaya perusahaan membatasi kreativitas? Adanya “politik kantor” di perusahaan sehingga terjadi fenomena diskriminasi? Itu tandanya budaya di tempat Anda bekerja tidak sehat. Jika Anda merasa tidak bersemangat dan terinspirasi dengan lingkungan kerja, bisa jadi sisi negatif lingkungan tersebut akan mempengaruhi kinerja dan produktifitas Anda. Hal ini merupakan indikasi yang jelas bahwa budaya kerja tidak cocok dengan kepribadian dan nilai-nilai Anda. Anda tentu tidak ingin menghabiskan 8 jam sehari dalam sebuah lingkungan yang mengerikan, bukan?

3. Enggan berangkat kerja

Saat Anda bangun tidur di pagi hari dan merasa enggan untuk berangkat kerja, maka sebaiknya Anda mulai menanyakan pada diri sendiri mengapa dan berapa lama hal ini telah berlangsung. Kehilangan antusiasme untuk bekerja akan berimbas pada ketidakpuasan dan ketidakpedulian jika dibiarkan terlalu lama. Hal ini jelas merupakan tanda Anda harus segera mengundurkan diri dari perusahaan.

4. Merasa tertekan dalam bekerja

Mintalah pendapat teman sejawat Anda untuk menggambarkan sikap Anda saat bekerja. Jika mereka berkata bahwa Anda seringkali tersinggung dan terganggu hampir setiap saat, maka Anda sebaiknya mencari faktor pemicu tingkat stres tersebut. Berada dalam kondisi tertekan secara terus menerus dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk tetap fokus dan objektif.

5. Tidak ada jenjang karier yang baik

Kinerja Anda sangat bagus dan selalu mencapai target semua program kerja, tapi hadiah yang Anda terima hanyalah piagam penghargaan sebagai “Employee of the Year” dan bukan kenaikan jabatan. Jika Anda mengalami hal ini, untuk apa menetap lama di perusahaan tersebut? Terutama bagi Anda yang masih muda, inilah saatnya mencari tantangan baru di perusahaan baru.

6. Ide dan pendapat Anda tidak dihargai

Salah satu cara termudah untuk membunuh antusiasme kerja seseorang adalah dengan tidak menghargai ide dan pendapat mereka tanpa adanya pertimbangan tertentu. Jika hal ini sering terjadi, Anda sebaiknya mencari perusahaan lain yang mampu menghargai sudut pandang dan kontribusi Anda dengan lebih baik.

                Demikian ulasan mengenai beberapa tanda yang menunjukkan bahwa saatnya untuk mempertimbangkan dan memutuskan resign dari pekerjaan Anda. Kapan saat terbaik dan tepat untuk resign dari pekerjaan Anda? Hanya Anda yang dapat merasakan dan memutuskannya!

Share:

Related News: