5 Manfaat Senam Pagi Sebelum Kerja yang Perlu Anda Tahu

5 Manfaat Senam Pagi Sebelum Kerja yang Perlu Anda Tahu

Ingin tetap bugar dan sehat di tempat kerja?  Senam pagi bisa menjadi solusi yang tepat bagi para karyawan yang kerjaannya duduk seharian di tempat kerja dan melakukan aktivitas yang padat. Namun, bagi Anda yang tidak terbiasa maka berolahraga akan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi banyak pria yang beranggapan bahwa kegiatan senam pagi adalah hal memalukan karena biasa dilakukan oleh para ibu atau wanita. Padahal itu hanyalah mitos belaka. Sudah terbukti banyak pria dan wanita dari kalangan muda hingga tua yang merasakan manfaat dari senam dan ada berbagai ahli kesehatan yang meneliti olahraga ringan satu ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Pamuji Sukoco, seorang guru besar dalam bidang ilmu pembelajaran senam di Universitas Yogyakarta (UNY), bahwa senam sebenarnya dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam mencari solusi masalah. Berikut ini manfaat lain dari senam pagi sebelum kerja yang perlu Anda tahu.

  1. Awet muda

Gerakan senam bisa membuat sistem peredaran darah berjalan lancar sehingga tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hasilnya Anda terlihat lebih sehat dan bugar. Kesehatan jantung juga lebih bagus karena gerakan senam yang ritmis dan dinamis dapat memompa hormon adrenalin.

  1. Terhindar dari risiko osteoporosis

Manfaat kedua, gerakan senam dapat menyeimbangkan dua sel yang sangat penting untuk kesehatan tulang yaitu osteoclast dan osteoblast. Osteoclast berguna untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran, sedangkan osteoblast untuk memecah matriks tulang yang telah mati yang kemudian menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya dan membentuk tulang baru. Pembentukan tulang pun berjalan optimal dan terhindar dari risiko osteoporosis.

  1. Membakar kalori lebih banyak

Ingin menurunkan berat badan alias diet? Lakukan saja gerakan senam untuk mendapatkan badan yang ideal. Senam yang cocok adalah senam aerobik karena memiliki gerakan aktif dan cepat sehingga bisa membakar kalori lebih banyak.

  1. Meningkatkan mood bahagia dan energi

Mood bahagia bisa didapatkan dengan berolahraga, salah satunya dengan senam pagi. Senam pagi juga dapat merangsang otak  untuk melepaskan hormon endorphin yang berguna untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan lebih konsentrasi.

  1. Kesehatan mental membaik

Saat berolahraga atau senam di pagi hari, paru-paru Anda dipompa oksigen. Jadi, semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan mental, pikiran dan tubuh menjadi lebih segar. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat karena pikiran menjadi rileks dan nyaman.

Jadi, masih ragu untuk melakukan senam pagi? Jangan tunda, segera lakukan demi kesehatan Anda. Anda juga bisa melakukan peregangan ringan di tempat kerja seperti memutar kepala searah jarum jam dan sebaliknya, menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri, merentangkan tangan hingga semua otot terasa tertarik, mengangkat dan menurunkan bahu atau melakukan gerakan high kick untuk melemaskan otot kaki.  Badan dan pikiran yang sehat akan membuat Anda lebih bersemangat dalam melakukan tugas.

Sumber gambar : http://www.go-dok.com

Share:

Related News: