\

4 Cara Meningkatkan Keamanan Aset Perusahaan Yang Harus Dicoba


4 Cara Meningkatkan Keamanan Aset Perusahaan Yang Harus Dicoba

Keamanan adalah salah satu hal yang sangat penting dan dibutuhkan di berbagai aspek kehidupan, termasuk keamanan ruangan. Apalagi jika di dalam ruangan tersebut terdapat aset perusahaan yang sangat penting, berharga, bersifat rahasia, atau setidaknya sesuatu yang tidak diperuntukkan secara umum.

Pembatasan hak akses untuk ruangan tertentu mutlak adanya terutama di dalam sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan pada sebuah perusahaan terdapat banyak benda penting mulai dari berbagai inventaris kantor, dokumen, kas perusahaan, dan berbagai aset penting lainnya. Sedangkan di dalam perusahaan tersebut juga merupakan tempat berlalu lalangnya para pekerja dari berbagai divisi. Pada umumnya memang setiap pekerja dalam suatu divisi ditempatkan pada suatu ruangan tertentu yang berbeda dengan divisi lain. Namun bukan berarti ruangan lain aman dari jangkauan orang yang tidak berkepentingan.

Kejahatan yang seringkali muncul karena adanya kesempatan membuat kita harus berpikir ulang tentang keamanan suatu ruangan di dalam perusahaan. Memberikan kepercayaan pada pekerja adalah sebuah keharusan, namun agar lebih aman tetap imbangi dengan usaha pengamanan yang optimal dan profesional, seperti beberapa tips berikut:

  1. Menggunakan mesin akses kontrol pintu

saat ini telah tersedia mesin absensi sekaligus akses kontrol pintu yang dapat dimanfaatkan kedua fungsi tersebut praktis dalam satu mesin seperti Revo FF-162BNC. Selain menghemat ruang, tentunya juga menghemat budget perusahaan untuk pengadaan inventaris kantor. Apalagi saat ini masih ada kesempatan untuk mendapatkan mesin absensi sekaligus akses kontrol dengan harga super hemat di Promo Merdeka hingga akhir Agustus 2018.

 

  1. Memasang mesin akses kontrol pintu sesuai kebutuhan

Mesin akses kontrol pintu pada umumnya memiliki disain yang praktis untuk ditempatkan di berbagai tempat yang diinginkan. Misalnya mesin akan diletakkan di ruang kasir, maka mesin absensi bisa dipasang di dekat pintu masuk ruangan kasir. Dengan pemasangan ini maka dapat membatasi hak akses masuk, sehingga hanya karyawan yang berkepintangan saja yang bisa memasuki ruangan tersebut. Berbagai hal penting di dalamnya seperti brangkas uang kas pun juga jadi lebih aman dari upaya pencurian.

 

  1. Menerapkan sistem multi-identifikasi

Untuk keamanan yang lebih maksimal, pilihlah mesin akses kontrol yang memiliki keunggulan multi-identifikasi. Seperti pada mesin absensi sekaligus akses kontrol Revo FF-162BNC yang memiliki tipe identifikasi sidik jari, password, wajah, dan kartu. Sebenarnya bisa menggunakan salah satunya saja, namun jika ingin tingkat keamanan yang lebih tinggi maka sebaiknya gunakan semua tipe identifikasi tersebut. Semakin banyak tipe identifikasi yang digunakan maka semakin tinggi tingkat keamanannya. Misalnya, seorang karyawan akan mengakses suatu ruangan yang telah dipasang mesin akses kontrol pintu dengan kombinasi beberapa identifikasi, jika salah satu saja tidak terpenuhi maka karyawan tersebut tidak akan dapat membuka ruangan.

 

  1. Memaksimalkan fitur - fitur mesin akses kontrol

Keamanan aset perusahaan tidak hanya harus dijaga dari jangkauan orang – orang yang tidak berkepentingan saja. Aset perusahaan juga harus dijaga keamanannya dari faktor kecelakaan yang tak terduga, seperti kebakaran dan lain sebagainya. Pada beberapa jenis mesin akses kontrol pintu biasanya bisa dilakukan penambahan sedikit modul, sehingga mesin dapat pula mendeteksi adanya ancaman bahaya seperti smoke detector, fire alarm dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan keamanan aset perusahaan yang bisa dilakukan sebagai salah satu usaha pencegahan kemungkinan resiko kehilangan aset berharga pada sebuah perusahaan. Mesin absensi sekaligus akses kontrol pintu dari Fingerspot dapat membantu meningkatkan keamanan aset perusahaan sehingga anda sebagai pemilik usaha atau karyawan dapat bekerja dengan lebih tenang. 

Fingerspot, 21 Aug 2018 | Posted in TAG 1, TAG 2